Nasional

Luhut Ditunjuk Jadi Menteri KKP, Ruhut Sitompul: Jangan Ngebacot dan Nyinyir

Oleh : very - Jum'at, 27/11/2020 08:34 WIB

Ruhut Sitompul. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo resmi berstatus tersangka kasus suap izin ekspor benih lobster. Ia pun langsung menyatakan mundur sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Presiden Joko Widodo pun menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri KKP ad interim.

Penunjukan Luhut sebagai Menteri KP ad interim tersebut berdasarkan surat yang diteken Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Rabu, 25 November 2020.

"Menko telah menerima surat dari Mensesneg yang menyampaikan bahwa berkaitan dengan proses pemeriksaan oleh KPK terhadap Menteri KP, maka Presiden menunjuk Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri KP ad interim," kata Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi dalam keterangan di Jakarta, Kamis (26/11).

Seperti diketahui, sebelumnya, KPK melakukan OTT terhadap 17 orang termasuk Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan istrinya Iis Rosita Dewi terkait dugaan kasus korupsi penetapan calon eksportir benih lobster.

OTT itu dilakukan Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 00.30 WIB, saat rombongan kembali dari Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Setelah menjalani pemeriksaan, KPK akhirnya menetapkan tujuh tersangka dalam kasus tersebut, termasuk Edhy Prabowo sebagai salah satu penerima suap.

Penunjukkan Luhut Pandjaitan sebagai Menteri KKP ad interim itu direspon oleh mantan politisi Partai Demokrat yang juga mantan anggota DPR RI, Ruhut Sitompul.

Melui akun Twitternya, dia merasa percaya Luhut bisa membawa perubahan di KKP dan menjalankan kendali kementerian tersebut.

"Jenderal TNI AD Kopassus Pur Bang Luhut Binsar Pandjaitan Menko Kemaritiman & Investasi diberi kepercayaan Presiden RI Bpk Joko Widodo sebagai Plt Menteri Kelautan," cuit Ruhut pada Kamis (26/11).

Ruhut pun melanjutkan kicauannnya dan meminta pihak yang merasa tak sepaham dengannya untuk berdiam dan melihat kinerja. Ia juga meminta agar penunjukkan Luhut tersebut tidak dipersoalkan.

"Aku mohon yg gagal paham jgn Ngebacot & Nyinyir krn itu sesuai tupoksinya dan persahabatan yg abadi MERDEKA," kicau Ruhut.

Warganet pun mengomentari kicauan Ruhut. Ada yang meminta agar menyampaikan kepada Presiden Jokowi supaya kembali memberi kepercayaan kepada Susi Pudjiastuti sebagai Menteri KKP.

"Bang Ruhut Tolong Sampaikan ke Pak LBP untuk Kembalikan Bu Susi Menjadi Mentri KKP agar Kepercayaan Rakyat Pada Pemerintah Pulih," komentar warganet. (Very)

 

Loading...

Artikel Terkait