Nasional

Latihan Mupe Prajurit Petarung Brigif 1 Marinir

Oleh : luska - Sabtu, 28/11/2020 08:20 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka menjaga kemampuan tempur serta profesionalitas Prajuritnya, Brigade Infanteri 1 Marinir (Brigif 1 Mar) menggelar latihan di daerah Muara, Rawa, Sungai dan Pesisir (MUPE) TA. 2020 yang dilaksanakan di daerah latihan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Jum'at (27/11/2020).

Tujuan latihan Mupe ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknik dan taktik operasi pertempuran, khususnya di daerah muara, rawa, sungai dan pesisir pada kondisi dan situasi tertentu. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan Prajurit Korps Marinir sebagai pasukan pendarat untuk melaksanakan tugas operasi sesuai perintah Komando Atas.

Pelatihan ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 23 - 27 November 2020 dengan materi yang dilatihkan meliputi Gerakan Maju Untuk Kontak (GMUK), Penyerangan, Patroli di daerah rawa, Patroli tempur, Patroli penyelidikan, Menembak reaksi, Penghadangan, Pungdamah, Air supply, Sea survival, Ekserisisi perahu karet, Renang rintis, Raid darat dan Raid amfibi, Menembak diatas perahu karet serta menembak reaksi.

Diharapkan dengan latihan ini seluruh Prajurit Brigif 1 Marinir dapat mengasah kembali nalurit tempur meskipun ditengah pandemi Covid-19 saat ini, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan Negara, Koprs Marinir siap dikirim ke medan pertempuran.

"Tetap jalankan latihan sesuai dengan prosedur yang berlaku, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini, saya harapkan dengan latihan Mupe kali ini para Prajurit dapat memahami bahwa Muara, Rawa, Sungai dan Pesisir adalah medan pertempuran kita yang sesungguhnya, selain tugas pokok kita sebagai pasukan pendarat, tetap jaga keamanan personel dan material dalam setiap kegiatan agar latihan ini terlakasana dengan zero accident," pesan Danbrigif 1 Marinir Kolonel Marinir Ena Sulaksana, S.E., selaku Perwira Pelaksana Latihan. (Lka)

Artikel Terkait