Nasional

Jasa Marga Tutup Rest Area KM 50 Tol Jakarta Cikampek

Oleh : Ronald - Minggu, 20/12/2020 17:45 WIB

PT Jasa Marga (Persero) menutup Rest area KM 50 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mulai Minggu (20/12/2020) hari ini. (Foto : ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Jasa Marga (Persero) menutup Rest area KM 50 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mulai Minggu (20/12/2020) hari ini. Selaku pengelola tol, Jasa Marga menyebut para pedagang di rest area atau tempat istrirahat (TI) itu akan dipindahkan ke Km 71.

General Manager Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan relokasi ini berkaitan dengan penambahan kapasitas lajur Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai dari KM 48 sampai dengan KM 50 jalur arah Cikampek. Kata dia, demi meningkatkan kelancaran lalu lintas (lalin).

"Relokasi TI ini berkaitan dengan penambahan kapasitas lajur Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai dari KM 48 sampai dengan KM 50 jalur arah Cikampek," ucap Widiyatmiko melalui keterangan tertulis, Minggu.

Dia menjelaskan, relokasi TI diharapkan dapat selesai dilakukan sebelum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga juga melakukan sosialisasi rencana penutupan TI melalui Variable Message Sign (VMS) dan spanduk sosialisasi di TI KM 50.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya penutupan TI dimaksud. Pengguna Jalan tetap dapat menggunakan TI KM 57 yang terdekat dari TI KM 50," ucap Widiyatmiko.

Sebelumnya, pedagang sempat menolak relokasi. Pedagang menilai Rest Area KM 50 bukanlah biang kemacetan.

Rest Area KM 50 sempat menjadi sorotan publik terkait insiden bentrok antara polisi dengan rombongan Imam Besar FPI Rizieq Shihab, beberapa waktu lalu.

Widiyatmiko mengatakan, relokasi rest area KM 50 Tol Japek sesuai dengan perintah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). 

Selain penutupan Rest Area KM 50, Jasa Marga juga akan mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jagorawi, khususnya dari arah Bogor menuju Jakarta.

"Kami mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," ujarnya. (rnl)


 

 

Artikel Terkait