Pojok Istana

Resmi Dilantik Jokowi, Ini Daftar 7 Anggota Komisi Yudisial Periode 2020-2025

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 21/12/2020 10:45 WIB

Presiden Republik Indonesia Dua Periode, Joko Widodo (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tujuh anggota Komisi Yudisial (KY) periode 2020-2025 di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/12/2020).

Pelantikan anggota KY tersebut, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 131/P Tahun 2020. Ketujuh anggota KY itu kemudian membacakan sumpah jabatan dihadapan Presiden Jokowi.

"Demi Allah, saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini langsung atau tidak langsung dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun, kepada siapapun juga," ucap tujuh anggota KY.

"Saya bersumpah bahwa saya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam tugas ini, tidak sekali-kali akan menerima, langsung atau tidak langsung dari siapapun juga suatu janji atau pemberian."

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada dan mempertahankan serta mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, serta peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi NKRI," lanjut bunyi sumpah itu.

"Saya bersumpah bahwa saya senantiasa menjalankan tugas saya ini dengan sungguh-sungguh, obyektif, berani, adil, tidak membeda-bedakan jabatan, suku, ras, gender, dan golongan tertentu, dan akan melaksanakan kewajiban saya sebaik-baiknya dan bertanggung jawab kepada Tuhan, masayarakat, bangsa dan negara."

"Saya bersumpah bahwa saya senantiasa akan menolak atau tidak menerima atau tidak mau dipengaruhi oleh campur tangan siapapun juga dan saya akan melaksanakan wewenang dan tugas yang diamanatkan undang-undang kepada saya," demikian isi sumpah jabatan tersebut.

Pelantikan tujuh anggota KY ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat di antaranya menggunakan masker, memakai face shield, menjaga jarak, dan telah dilakukan testing Covid-19 terlebih dahulu.


Berikut nama 7 anggota KY periode 2020-2025:

1. Joko Sasmito (mewakili unsur mantan hakim)

2. M Taufik Hz (mewakili unsur mantan hakim)

3. Sukma Violetta (mewakili unsur praktisi hukum)

4. Bin Ziyad Khadafi (mewakili unsur praktisi hukum)

5. Amzulian Rifai (mewakili unsur akademisi hukum)

6. Mukti Fajar Nur Dewata (mewakili unsur akademisi hukum)

7. Siti Nurjanah (mewakili unsur anggota masyarakat)*

 

Loading...

Artikel Terkait