Nasional

BOCORAN Reshuffle Kabinet! Sandiaga Geser Wisnu Tama, Risma Depak Ari Batubara

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 21/12/2020 16:59 WIB

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma`aruf Amin (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo Jilid II bersama Ma`aruf Amin terus menguat. Isu ini sempat muncul pertama kali pada Juni.

Berbulan-bulan berselang, tak ada perubahan yang terjadi. Banyak yang menduga Jokowi menunggu satu tahun pemerintahannya berjalan, yang jatuh pada 20 Oktober 2020. Namun bukannya perombakan, justru yang terjadi adalah dua menterinya terjerat kasus korupsi.

Dalam waktu yang berdekatan, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Julari Petrus Batubara ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keduanya masing-masing merupakan kader Partai Gerindra dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Ditambah dengan situasi pandemi yang tak kunjung membaik, isu reshuffle kabinet kembali menguat menjelang akhir tahun ini.

Hari ini, Senin (21/12/20) Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma`aruf Amin menggelar rapat internal berdua. Publik menduga, salah satu agenda yang dibahas adalah terkait perombakan susunan menteri Kabinet Indonesia Maju.

Perihal isu reshuffle kabinet ini sudah tersebar luas juga di kalangan parpol koalisi pemerintah. Bahkan PKB sudah mendengar jumlah menteri yang bakal kena reshuffle.

"Saya dengar ada 6 posisi," ujar Ketua Ketua DPP PKB Faisol Riza kepada wartawan.

"Tapi mungkin bisa lebih," imbuhnya.

Dari informasi yang didapat INDONEWS.ID, sejumlah nama baru yang akan mengisi sususan menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma`aruf Amin adalah Sandiaga Uno, Tri Tri Rismaharini (Risma) dan Wahyu Sakti Trenggono.

"Risma akan menggantikan Ari Batubara, Sabdiaga menggantikan Wisnutama dan Trenggono menggantikan Edy Prabowo," ungkap informan Indonews.id, Senin (21/12/20) sore.*

Sebagaimana kabar yang beredar di berbagai media, Sandiaga Uno konon sudah beberapa kali dipanggil Jokowi ke Istana. Sedangkan Wahyu Sakti Trenggono konon diusulkan langsung oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto.*

Artikel Terkait