Daerah

Modus Minta Ditransfer Sejumlah Uang, Nama Cawabup Tanjabbar Dicatut Oknum

Oleh : luska - Minggu, 27/12/2020 21:07 WIB

Tanjabbar, INDONEWS.ID  -  Modus penipuan dengan mencatut nama pejabat di lingkungan Pemkab Tanjabbar kembali terjadi. 

Tak tanggung-tanggung, kali ini oknum yang bersangkutan mengaku sebagai Calon Wakil Bupati Tanjabbar peraih suara terbanyak Pilkada Tanjabbar 2020, Hairan, SH.

Modus yang dilancarkan oknum menggunakanpesan WhatsApp(WA) meminta dipinjami sejumlah uang kepada warga dengan dalih ATM over limit.

Dalam aksi tersebut, pelaku meminta ditransfer uang sebesar 5 juta dan akan dikembalikan malam hari dilebihi 1 juta.

Sadisnya lagi oknum penipu memakai identitas foto Cawabup Hairan lewat WhatsApp tersebut.

"Assalamualaikum, wr wb, masih sibuk saudaraku,....ada sedikit saya perlu bantuan dari saudaraku.....bisa saudaraku🙏🙏..... kebetulan ATM saya over limit saudaraku nanti malam baru selesai maksydnya saya bisa numpang transferkan 5jta ke rekening yg dituju saudaraku.....nanti malam selesai limit saya transfer kembali ke saudaraku dan saya lebihkan 1 jt saudaraku🙏🙏....bisa saudaraku," bunyi whatsapp pelaku.

Beruntung aksi yang diketahui terjadi pada Minggu (27/12/20) sekitar pukul 12.48 WIB siang ini tidak sampai menyebabkan korbannya tertipu. Sebab calon korban langsung menkonfirmasi hal itu kepada salah satu tim Hairan bahwa itu bukan nomor WA Hairan.

" Saya tidak pernah meminta uang kepada siapapun baik secara pribadi maupun jabatan, jadi itu jelas penipuan," ungkap Cawabup Hairan dikonfirmasi terpisah.

" Jadi saya tegaskan lagi bahwa itu bukan saya," katanya.

Atas hal itu, Hairan meminta kepada siapapun yang pernah dikontak oleh pelaku untuk jangan ditanggapi.

Masyarakat perlu lebih waspada dan jika perlu bisa segera melaporkan hal ini ke kepolisian guna mendapat klarifikasi langsung.

Penipuan mengatasnamakan pejabat Pemkab Tanjabbar bukan kali itu saja terjadi. Sebelumnya, nama Bupati Safrial juga sempat dicatut dalam aksi ini. 

Teranyar Wakapolres Tanjabbar Kompol Alhajat, SIK juga pernah ducatut dengan meminta uang untuk keperluan BBM.(hry)

Artikel Terkait