Nasional

Dubes RI untuk Kuba sampaikan credential kepada Presiden Kuba

Oleh : luska - Kamis, 07/01/2021 09:27 WIB

Kuba, INDONEWS.ID - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Kuba, Nana Yuliana menyerahkan surat kepercayaan (letter of credentials) dari Presiden RI Joko Widodo kepada Presiden Kuba Miquel Mario Diaz Canel Bermudez pada Selasa 5 Januari 2021 di Istana Kepresidenan Kuba.

Berbeda dengan sebelumnya, pertama kalinya bagi Duta Besar Indonesia prosesi penyerahan surat kepercayaan/ Credential diterima langsung oleh Presiden Kuba dan dalam rentan waktu yang tidak lama pasca ketibaan Dubes RI pada 23 Desember 2020.

Dubes Nana Yuliana menyampaikan ucapan selamat kepada Kuba atas perayaan ke 62 Revolution Day dan pada 22 Januari 2021 Indonesia - Kuba akan rayakan hubungan diplomatik yang ke 61. Indonesia akan terus meningkatkan kerjasama bilateral antara kedua negara di berbagai bidang yang telah berjalan dengan baik dan erat, terutama di bidang ekonomi dan perdagangan, kedokteran dan olah raga serta akan memberikan capacity  building di sektor perikanan dan pertanian.

Dalam pertemuan tsb, Dubes Nana Yuliana mengucapkan terima kasih atas penerimaan Presiden Diaz Canel serta menyampaikan salam hangat dari Presiden RI Jokowi.

Dubes Nana Yuliana berharap kerja sama dan upaya penguatan hubungan kedua negara semakin meningkat selama dirinya bertugas di Kuba. 

Sementara itu, Presiden Kuba Miquel Mario Diaz Canel Bermudez mengapresiasi hubungan bilateral kedua negara yang telah terjalin dengan erat, salah satunya melalui aksi saling dukung di fora internasional. Kuba telah mengaksesi Treaty of Amity and Cooperation (TAC) pada November 2020.

Presiden Diaz Canel menyatakan akan mendukung penuh pelaksanaan tugas Dubes RI di Kuba untuk terus melakukan upaya peningkatan hubungan bilateral di segala bidang dan regional ASEAN serta mengembangkan berbagai potensi kerja sama lainnya.

Presiden Diaz Canel meyakini bahwa dengan semangat kesetiakawanan kedua negara, upaya peningkatan hubungan kerja sama tersebut dapat diwujudkan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Diaz Canel juga menyampaikan salam untuk Presiden Jokowi. 

Terakhir Presiden Diaz Canel menyampaikan kekaguman pada Dubes Wanita RI pertama di Kuba, semoga dapat melaksanakan tugasnya dengan lancar dan sukses di Kuba.

Penyerahan surat kepercayaan itu menandai dimulainya secara resmi tugas Dubes Nana Yuliana sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Kuba, setelah pada 4 Januari 2020 lalu menyerahkan salinan surat kepercayaan kepada Wakil Menteri Luar Negeri Kuba, Anayansi Rodriguez. (Lka)

Artikel Terkait