Nasional

Ada Gempa Susulan di Sulbar, BPNB : Itu Hoaks

Oleh : Ronald - Minggu, 17/01/2021 22:30 WIB

Kepala BNPB Doni Monardo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono. (Foto : ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta masyarakat Mamuju untuk tidak mudah terpengaruh dengan kabar bohong atau hoaks yang beredar terkat potensi gempa susulan yang jauh lebih besar di Sulawesi Barat.

Hal itu disampaikan Doni saat melakukan peninjauan lokasi terdampak gempa bumi Sulawesi Barat bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono dan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati di Mamuju pada Minggu (17/1/2021).

“Jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” tegas Doni.

Doni juga meminta warga tidak percaya hoaks bahwa pemerintah mengimbau untuk mengosongkan wilayah Mamuju karena akan ada gempa susulan. 

Doni menegaskan, pemerintah tidak pernah meminta masyarakat untuk keluar dari Mamuju. Informasi yang dikeluarkan oleh BMKG adalah agar warga menjauhi bangunan yang roboh.

Karena itu, kata Doni, pemerintah meminta masyarakat menyikapi kabar itu dengan baik dan tetap tenang.

Belakangan, beredar isu yang mengharuskan masyarakat untuk keluar dari Mamuju. Isu itu diawali dengan adanya kabar bohong alias hoaks tentang potensi gempa susulan yang jauh lebih besar dari peristiwa sebelumnya.

Artikel Terkait