Nasional

Hilang Secara Misterius, Jack Ma Akhirnya Muncul

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 20/01/2021 16:59 WIB

Pendiri Alibaba, Jack Ma

Jakarta, INDONEWS.ID - Jack Ma akhirnya muncul kembali setelah hampir 3 bulan menghilang dari publik secara misterius. Publik menduga, Jack Ma akibat dari pernyataan kontroversialnya menyerang pemerintah China.

Sang pendiri Alibaba bertemu dengan 100 guru pedesaan di China melalui video meeting online. Ini adalah kabar yang ditunggu dan merupakan kemunculan pertamanya sejak Oktober 2020, ketika ia mengkritik sistem keuangan pemerintah China.

Kemunculan tersebut disambut baik oleh investor sehingga tak lama kemudian, saham Alibaba naik.

Media pemerintah China, Global Times, merilis video Jack Ma menyapa para guru itu. Terlihat Jack Ma dalam keadaan sehat dan busananya berwarna biru navy.

#Alibaba founder Jack Ma Yun @JackMa, the English teacher turned entrepreneur, met with 100 rural teachers from across the country via video link on Wednesday.

"We`ll meet again after the [COVID-19] epidemic is over," he said to them, Global Times (@globaltimesnews) January 20, 2021

"Pendiri Alibaba Jack Ma Yun, guru bahasa Inggris yang menjadi entrepreneur, bertemu dengan 100 guru pedesaan di seluruh negeri melalui video," demikian laporan Global Times.

Tampaknya pemerintah China ingin mengirim pesan bahwa ia baik-baik saja, tidak seperti spekulasi bahwa ia ditahan atau dihukum.

Namun, kemunculan Jack Ma ini masih menjadi misteri. Hal ini karena lokasi di mana ia bicara tidak dilaporkan. Selain itu, perkataannya sama sekali tidak menyinggung kasus yang menimpanya.

Dia membahas soal penghargaan Jack Ma Rural Teachers Award sebagai salah satu aktivitas filantrofi yayasannya pada para guru. Penghargaan itu diberikan di lokasi Kota Sanya.

"Kita tidak bisa bertemu di Sanya karena pandemi. Ketika pandemi berakhir, kita harus menemukan waktu untuk perjalanan setiap orang ke Sanya dan kita akan bertemu kembali," kata Jack Ma.*

Artikel Terkait