Nasional

Akhiri Pandemi COVID-19, Menkominfo Ajak Wartawan Katolik Sukseskan Program Vaksinasi

Oleh : very - Senin, 25/01/2021 11:40 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. (Foto : ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta wartawan katolik Indonesia agar mendukung program-program pemerintah khususnya vaksinasi nasional yang dilakukan saat ini. Hal itu, agar program vaksinasi tersebut menjadi salah satu harapan bangsa Indonesia agar bisa bangkit dari pandemi Covid-19.

“Dalam hal penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, marilah kita awak media nasrani Indonesia bersama-sama seluruh saudara sebangsa dan setanah air bekerja keras, bekerja serius dan bekerja mati-matian untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya mengakhiri dan memutus rantai Covid-19,” ungkapnya dalam sambutan Buka Tahun Bersama Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) yang digelar secara daring, Sabtu (23/1) malam.

Menurut Johnny, vaksinasi merupakan salah satu upaya serius yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini. Namun demikian, untuk mengatasi pandemi ini diperlukan kolaborasi semua pihak termasuk wartawan katolik. Apalagi sejumlah negara sudah melaporkan adanya varian baru virus korona yang lebih cepat menyebar.

"Marilah kita mengajak seluruh elemen bangsa untuk berpartisipasi aktif dalam kampanye vaksinasi Covid-19 untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok, sambil tetap melaksanakna protokol kesehatna secara ketat, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan-kerumunan yang tidak perlu,” ujar Johnny.

Acara buka tahun bersama Paguyupan Wartawan Katolik Indonesia itu didahului oleh misa yang dipimpin oleh Staf Dewan Kepausan untuk Dialog Antara Umat Beragama di Tanah Suci Vatikan Romo Markus Solo Kewuta, SVD sebagai konselebran utama.

Konselebran lain dalam misa yang diadakan di Roma, Italia itu adalah  Rm Agustinus Purnomo MSF (Superior General Kongregasi MSF) dan Rm Paulus Laurentius Pitoy MSC (Assistant Superior General Kongregasi MSC) dan ketiga konselebran itu berasal dari Indonesia.

Hadir juga dalam acara yang bertajuk “Mempererat Ikatan NKRI di Tengah Pandemi” ini Dubes Indonesia untuk Vatikan L Amrih Jinangkung, Dirjen Bimas Katolik Y Bayu Samadro, dan pengusaha Franciscus Welirang.

Dalam kesempatan itu, diberikan juga penghargaan “Terima Kasihku Kepadamu dari PWKI” kepada empat tokoh inspiratif sepanjang tahun 2020, yakni Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Munardo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anne Avantie.

Acara Buka Tahun Bersama sudah menjadi tradisi tahunan PWKI. Tahun ini Buka Tahun Bersama itu digelar untuk kali ke-16. (Very)

Artikel Terkait