Bisnis

OPPO A15, Smartphone Entry Level Berteknologi Tiga Kamera AI

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 26/01/2021 19:59 WIB

Foto OPPO A15, Smartphone Entry Level Berteknologi Tiga Kamera AI

Jakarta, INDONEWS.ID - Meski pandemi Covid-19 atau Corona melanda Dunia, termasuk Indonesia sejak tahun 2020 kemarin nyatanya tidak menyurutkan minat pabrikan smartphone untuk terus meluncurkan produk terbaru. Salah satu pabrikan smartphone yang juga kerap meluncurkan produk terbaru di tahun 2020 kemarin adalah OPPO.

Meski saat ini sudah mulai berfokus pada segmen flagship, OPPO ternyata tetap menggarap smartphone di kategori entry-level. Salah satu produk smartphone entry-level yang diluncurkan OPPO di tahun kemarin adalah OPPO A15.

Layaknya smartphone Seri A yang diluncurkan oleh OPPO sebelumnya, OPPO A15 ini memang diluncurkan untuk bersaing dalam kategori entry-level. Sebagai informasi, smartphone OPPO A15, resmi diluncurkan di Indonesia di bulan November 2020 kemarin. Adapun, smartphone OPPO A15 ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan komunikasi dan hiburan.

“Kami senang dapat memperkenalkan OPPO A15, perangkat yang dapat memenuhi kebutuhan esensial pengguna terutama untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga pada masa pandemi seperti ini," kata Aryo Meidianto A selaku PR Manager OPPO Indonesia kala itu.

Lebih lanjut, Aryo Meidianto mengatakan bahwa smartphone OPPO A15 hadir dengan mengusung layar 6,52 inci untuk mendukung produktivitas pengguna di era new normal, seperti rapat atau belajar online.

“Tidak lupa, kami juga melengkapi perangkat ini dengan 3 kamera utama yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna untuk mendokumentasikan berbagai momen spesial,”tambahnya.

Aryo Meidianto menjelaskan bahwa komitmen OPPO untuk membawa teknologi ke seluruh lini perangkatnya tercermin dengan kehadiran 3 kamera utama yang juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan.

Hadir dalam dua pilihan warna, yakni Dynamic Black dan Fancy White, perangkat ini saat ini dijual mulai di harga Rp1,8 jutaan.  Selain mempunyai harga terjangkau, smartphone OPPO A15 ini hadir dengan berbagai fitur menarik.

Lantas, apa sajakah fitur menariknya? Berikut pembahasannya!

  1. Desain Premium untuk Kelas Entry-Level

Dilihat dari kualitas desain, smartphone OPPO A15 ini terlihat sangat stylish di kelas entry level, apalagi jika dibandingkan dengan OPPO A12 ataupun seri di bawahnya. Secara sekilas, OPPO menghadirkan profil tipis dan ringan dari seri Reno ke smartphone OPPO A15 ini.

Bagian penutup belakang didesain sedikit melengkung dan punya permukaan glossy, namun cukup minim sidik jari dan tidak terlalu licin. Bobotnya hanya 175 gram, dengan ketebalan 7,9mm saja.

Desain smartphone OPPO A15 dilengkapi dengan poni waterdrop yang sekaligus menopang kamera depannya. Layarnya berjenis LCD membentang 6,52 inci dengan bezel yang lumayan tipis. Meski terpapar sinar matahari yang cukup terik, layar smartphone OPPO A15 ini masih dapat terlihat dengan jelas.

Penempatan tombolnya dibuat sejajar di kanan ponsel baik untuk tombol volume maupun tombol power. Sementara itu, slot kartu SIM-nya ditempatkan di sisi kiri smartphone OPPO A15, menyatu dengan slot micro-SD. Dengan demikian, pengguna dapat menggunakan dua kartu SIM serta memori eksternal sekaligus tanpa bergantian.

Sementara bagian bawah smartphone OPPO A15 dilengkapi dengan speaker, port micro-USB untuk pengisian ulang daya serta jack audio 3,5mm. Yang cukup kekinian yaitu housing kameranya yang dirancang persegi dengan sudut melengkung di tiap sisi. Kameranya sendiri disusun bersamaan dengan lampu LED flash.

Casing smartphone OPPO A15 hadir warna yang elegan. Dibalut dalam warna Dynamic Black dan Fancy White, smartphone OPPO A15 ini tampil dengan case yang glossy. Meski glossy, paduan warnanya mampu menampilkan kesan elegan dan cukup mewah berkat efek kilau yang dihasilkan ketika terpapar cahaya. Tampilan belakangnya juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari serta penamaan merek OPPO yang menarik.

  1. Triple Camera AI Tercanggih

Sejak dulu, smartphone OPPO memang dikenal dengan kameranya yang berkualitas. Tidak hanya kamera selfie-nya saja, melainkan juga kamera belakangnya. Tidak terkecuali smartphone OPPO A15, yang kualitas kameranya cukup baik di kelas entry-level. Smartphone OPPO A15 mengunggulkan setup 13MP AI Triple Rear Camera yang disematkan pada bodi belakangnya.

Sensor utamanya punya resolusi 13MP dengan bukaan f/2.2. Dua sensor lainnya yang menemani adalah sensor makro dan depth sensor, masing-masing punya spesifikasi 2MP f/2.4. Di depan, terdapat kamera swafoto 8MP f/2.0 yang dilengkapi fitur AI Beautification sehingga mampu memberikan efek wajah yang lebih natural secara real-time.

Mode kameranya sendiri tergolong lengkap, mulai dari mode potret, mode malam hingga fitur Dazzle Color yang bisa tingkatkan saturasi foto untuk kamu yang inginkan foto lebih berwarna. Sampai mode pakar (expert mode) dengan pengaturan seperti ISO (100 - 6400) dan shutter speed (1/8000s - 16s).

Saturasi warnanya tergolong natural, dan hasil foto pada smartphone OPPO A15 cenderung memiliki eksposur yang sedikit lebih tinggi. Detilnya bukan yang terbaik, meski juga masih oke untuk smartphone di kelasnya. OPPO lebih memilih untuk perhalus foto daripada tampilkan noise lebih banyak di smartphone OPPO A15.

Yang menarik, kemampuan kamera depth sensor di smartphone OPPO A15 ditingkatkan dengan fitur Portrait Bokeh. Fitur ini dapat menyajikan latar belakang blur tampil lebih natural dan juga dapat dipercantik dengan kehadiran 6 filter portrait yang unik.

Keandalan kamera smartphone OPPO A15 juga karena sudah dilengkapi dengan fitur baru AI Scene Enhancement yang mengombinasikan fitur Dazzle Color dan AI Scene Recognition. Fitur ini membuat kamera pada smartphone OPPO A15 dapat lebih pintar mengenali objek dengan melakukan optimasi pada 21 adegan berbeda. Tidak sampai di situ saja, kamera pada smartphone OPPO A15 juga dilengkapi dengan pilihan 15 filter foto yang stylish dan 10 filter untuk merekam video.

Untuk kamera depannya, smartphone OPPO A15 ini dibekali kamera 8 Megapixel. Kamera untuk foto selfie ini juga dilengkapi dengan fitur AI Beautification yang dapat menyesuaikan foto selfie berdasarkan usia, jenis kelamin, warna kulit dan jenis kulit dari objek foto. Hasilnya, foto selfie akan terlihat lebih natural dan tidak berlebihan.

  1. Layar Luas Ukuran 6,52 Inci

Untuk bagian layarnya, smartphone OPPO A15 ini masih menggunakan gunakan waterdrop notch. Meski begitu, keempat bezel di smartphone OPPO A15 sudah tergolong tipis. Panel yang digunakan pun setidaknya cukup berkualitas, punya dimensi cukup luas di 6,52 inci dengan resolusi HD+ dan rasio layar ke bodi hingga 88,7%.

Menggunakan panel IPS, layar smartphone OPPO A15 bisa menyala sampai maksimum 480 nits, sudah cukup untuk penggunaan luar ruangan. Reproduksi warnanya tergolong baik, keseimbangan putihnya cukup akurat, dan tidak ada screen bleeding atau semburan cahaya putih di sekitar pinggir layar yang umumnya ditemukan di smartphone kelas entry-level.

Tanpa proteksi Gorilla Glass, setidaknya OPPO sudah memasangkan lapisan antigores bawaan di smartphone OPPO A15. Meski sebenarnya secara dimensi dan kualitas udah nyaman banget untuk streaming konten Netflix, sayangnya smartphone OPPO A15 belum mendukung standar Widevine L1.

Selain itu, layar smartphone OPPO A15 ini juga dilengkapi dengan fitur Eye Comfort Filter yang berfungsi mengurangi kelelahan mata akibat menatap layar dalam waktu lama.

  1. Performa Oke

Untuk performanya, smartphone OPPO A15 disokong prosesor MediaTek Helio P35 octa-core 2,3GHz yang menawarkan performa tinggi sambil tetap menghadirkan daya tahan baterai. Selain itu, smartphone OPPO A15 juga didukung RAM 3GB dan memori penyimpanan internal 32GB yang dapat diperluas hingga 256GB. Ketika dicoba menjalankan berbagai aplikasi, termasuk untuk bermain game online, smartphone OPPO A15 ini mampu menjalankannya dengan lancar.

Menariknya, smartphone OPPO A15 juga dilengkapi dengan fitur Memory Defragmentation 2.0 yang dapat meningkatkan performa keseluruhan perangkat ini sebesar 5 %.

Nah, buat yang doyan main game onine, smartphone OPPO A15 ini juga disokong fitur HyperBoost 2.1 yang mengombinasikan FrameBoost dan TouchBoost yang membuat performa perangkat ini yang lebih lancar.

  1. Baterai Berkapasitas 4.230 mAh

Meski bukan menjadi smartphone entry level dengan kapasitas baterai standar, karena OPPO A15 ini mengusung baterai 4,230 mAh alias tidak sampai 5,000 mAh. Namun dengan pemakaian standar, nyatanya baterai smartphone OPPO A15 bisa tahan hingga hampir dua hari penggunaan.

Sementara itu, penggunaan yang lebih intensif dari smartphone OPPO A15 bisa mencapai seharian penuh. Tergolong irit, dan sepertinya OPPO berhasil optimalkan software-nya untuk konsumsi daya optimal pada smartphone OPPO A15.

Sedangkan dalam kondisi darurat, dimana baterai hampir habis dan jauh dari sumber daya? Kamu bisa mengaktifkan fitur super power saving mode untuk penghematan maksimal. OPPO juga memberikan fitur seperti optimized night charging yang mempelajari kebiasaan pengguna mengisi daya malam hari untuk mencegah risiko overcharge.

Dan juga fitur Super Night Time Standby yang menahan konsumsi daya berlebih saat sedang standby di jam tidur, supaya keesokan paginya baterai tidak terkuras banyak. Untuk pengisian dayanya sendiri, hanya sebatas 10W tanpa fast charging lewat port micro USB. Prosesnya cukup lama, karena membutuhkan waktu sekitar tiga jam.

  1. Fitur Lainnya

Adapun, smartphone OPPO A15 ini sudah menggunakan Android 10. Meski begitu, OPPO belum menyertakan ColorOS terbaru di smartphone OPPO A15, alias masih gunakan ColorOS 7.2. Sebagai informasi, smartphone OPPO A15 ini masih menggunakan fitur yang tidak kalah kalah lengkap dengan memakai ColorOS 7.2. Sebut saja icon pull-down gesture yang bisa perkecil susunan icon di homescreen supaya bisa tersentuh dengan satu tangan.

Apalagi, ColorOS 7.2 ini membawa berbagai fitur menarik seperti Dark Mode untuk membuat tampilan user interface berlatar belakang hitam. Ada juga 3-finger Scolling Screenshot yang mendukung mode horizontal dan tangkapan dokumen PDF. Serta terdapat Smart Sidebar yang dapat memberikan akses cepat pada aplikasi essensial yang sering digunakan.

Quick Return Bubble juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal lain sembari menunggu jeda waktu di dalam game. Atau opsi untuk menggeser ke bawah dengan tiga jari untuk ambil tangkapan layar (screenshot). Yang tidak ditemukan adalah opsi untuk gunakan dua WhatsApp sekaligus dari menu pengaturannya.

Tidak banyak bloatware tambahan yang bisa ditemukan pada smartphone OPPO A15, namun ada satu aplikasi menarik yang disematkan bernama Music Party. Aplikasi ini dapat digunakan bila kita sedang berkumpul bersama teman, dan kebetulan menggunakan smartphone OPPO. Sinkronkan beberapa smartphone untuk memutar lagu bersamaan, layaknya setup speaker stereo.

Menjadi smartphone di kelas entry-level yang dihadirkan oleh OPPO, perangkat ini ditawarkan dengan harga di bawah dua jutaan rupiah. Desain premium yang dihadirkan pada smartphone OPPO A15 ini membuatnya layak dibandingkan dengan smartphone di kisaran harga 3 jutaan Rupiah. Apakah kamu tertarik membelinya?

 

Loading...

Artikel Terkait