Nasional

Muhadjir Effendy Apresiasi Kerja BNPB dalam Penanganan Gempa Sulbar

Oleh : Mancik - Jum'at, 29/01/2021 15:45 WIB

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.(Foto:Ist)

Mamuju, INDONEWS.ID - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengapresiasi BNPB dalam penanganan gempa M6,2 di Sulawesi Barat (Sulbar). Kerja cepat BNPB membuat penanganan gempa dapat dilakukan dengan cepat dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Dalam arahan, Muhadjir Effendy mengucapkan terima kasih kepada BNPB, salah satunya dukungan helikopter untuk pengiriman barang dan personel. Adanya helikopter tersebut, sangat membantu masyarakat yang berada di daerah terisolir untuk mendistribusikan bahan makanan dan kebutuhan pokok lainnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB yang sudah membantu dengan mengerahkan empat helikopter untuk membantu pengiriman logistik ke daerah terisolir, " ungkap Effendy saat berkunjung ke wilayah terdampak, Kamis (28/01/2021).

Hal serupa diungkapkan oleh Dansatgas Penanganan Darurat Gempa Sulbar, Brigjen TNI Firman Dahlan. Ia menyampaikan terima kasih kepada BNPB karena telah mengadakan helikopter untuk pengiriman logistik.

Kunjungan tersebut juga dihadiri dua menteri lainnya, yaitu Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perpindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Para menteri ini didampingi oleh Sekretaris Utama BNPB Harmensyah dan perwakilan pejabat eselon I dari kementerian terkait.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan tambahan bantuan material dan nonmaterial secara simbolis berupa santunan ahli waris dan bantuan logistik kepada korban bencana gempa Sulbar.

Diharapkan, sinergi antara kementerian dan lembaga, TNI, Polri, dunia usaha, organisasi kemanusiaan serta masyarakat dapat mempercepat pemulihan pascagempa yang terjadi di Provinsi Sulbar. Salah satunya seperti yang diinisiasi BNPB dalam mengaktifkan Desk Relawan selama penanganan darurat.*

Artikel Terkait