Daerah

Sabtu Sore, Bengkulu Diguncang Gempa Magnitudo 5,3

Oleh : Ronald - Sabtu, 30/01/2021 20:59 WIB

Gempa bumi terkini berkekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Sabtu (30/1/2021), pukul 17.52 WIB. Gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. (Foto : ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Gempa bumi terkini berkekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Sabtu (30/1/2021), pukul 17.52 WIB. Gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. 

Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 4,41 Lintang Selatan (LS) dan 102,57 Bujur Timur (BT). 

Pusat gempa bumi berjarak 37 kilometer (km) dari arah Barat Daya Seluma, Bengkulu. Sementara kedalaman gempa bumi 30 km. 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengimbau, kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," kata Prayitno, Sabtu (30/1/2021).

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," tambahnya.

Getaran gempa tersebut dirasakan diseluruh kabupaten dan kota di Bengkulu. Selain itu, gempa juga dirasakan hingga ke beberapa daerah di Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan mengenai dampak gempa bumi yang menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Namun sejumlah warga sempat berhamburan keluar rumah saat gempa tersebut terjadi. (rnl)

Artikel Terkait