Nasional

Menko Airlangga : PPKM Akan Dikaji Lebih Mikro Lagi

Oleh : Ronald - Jum'at, 05/02/2021 18:59 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah kini sedang mengkaji Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) di Jawa dan Bali hingga ke level mikro, seperti tingkat desa atau RT / RW. Dia juga mengklaim bahwa dalam seminggu ini terjadi penurunan angka positif Covid-19 di sejumlah daerah.

"Kita melihat beberapa daerah mengalami penurunan, seperti di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta, dalam seminggu terakhir, tapi Presiden minta supaya lebih mikro lagi," ujar Menko Perekonomian dalam keterangan pers, Jumat ( 5/1/2021).

"Bukan hanya sampai kabupaten kota, tapi levelnya diturunkan hingga ke kecamatan, kelurahan atau desa maupun RT/RW," kata Menko Airlangga.

Meski demikian, Menko Airlangga tidak menjelaskan secara detail mengenai penerapan PPKM berskala mikro tersebut, namun yang pasti levelnya bukan hanya di kabupaten atau kota melainkan sampai kecamatan, kelurahan, desa, RT, hingga RW. 

Untuk itu, Pemerintah akan melakukan rapat dengan pimpinan daerah yang menurut Airlangga akan dilaksanakan malam ini. 

"Harapannya, PPKM berskala mikro ini bisa segera dioperasionalkan. Kami sedang persiapkan secara keseluruhan, nanti Bapak Presiden yang akan menetapkan langkah lanjutannya.Pada prinsipnya Bapak Presiden menginginkan kegiatan penanganan Covid-19 bisa efektif, angka Covid nya turun dan ekonominya tetap bisa naik menuju positif di kuartal pertama," pungkasnya. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait