Daerah

Bupati Tanjabbar Panen Raya Hasil Pupuk Pengolahan TPA

Oleh : luska - Selasa, 09/02/2021 19:20 WIB

Bupati Tanjabbar Panen Raya Hasil Pupuk Pengolahan TPA

Tanjabbar, INDONEWS.ID - Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Safrial,Ms melakukan panen raya pengolahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pemanfaatan Hasil Pertanian Pupuk Organik di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Betara, Selasa (9/2/21).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa dengan adanya lahan pertanian organik tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

" Selain meningkatkan ekonomi masyarakat, juga melatih jiwa wirausaha petani petani kita," Kata Safrial.

Ia menyebutkan bahwa, berkat kerja keras semua pihak baik PetroChina, SKK Migas dan DLH yang akhirnya bisa mendapatkan hasil seperti hari ini.

" Alhamdulillah hari ini kita bisa memanen hasilnya," Ungkapnya.

Disamping itu, ia meminta kepada DLH untuk juga melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi untuk melakukan riset terkait dengan penggunaan pupuk organik cair agar lebih berkualitas pupuk nya dan menghasilkan pertanian berkualitas.

" Kita minta dinas DLH, pak Parjo bisa koordinasi dengan perguruan tinggi kedepanya," Pintanya.

Terkait pemasar hasil pertanian nantinya, kata Bupati, untuk BumDes sekitar bisa juga menjadi sarana pemasaran selain dinas terkait.

" Kita sudah MoU dengan Pemkot Batam jadi hasil pertanian kita bisa langsung masuk Batam." Sebutnya.

Sementara itu, Kadis DLH Tanjabbar, Suparjo mengatakan rencana pertanian terpadu tersebut di inisiasi oleh DLH dan SKK Migas dengan pengolah lahan limbah cair.

" Memanfaatkan limbah cair yang digunakan untuk pemupukan lahan pertanian," Katanya.

Ia menyebutkan bahwa, dengan rancangan pertanian organik tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

" Hasil hari ini berkat kerja keras semua pihak baik itu PetroChina yang bermitra dengan Mitra Aksi, tidak banyak yang kita laksanakan. Namun ini diharapkan dapat memberikan manfaat," Terangnya.

Ia berharap agar pupuk organik cair dari pengolahan sampah yang ada di TPA tersebut dapat dikembangkan lebih maksimal lagi.

" Sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar." Tutupnya.(hry)

Artikel Terkait