Daerah

Sekolah Bisnis IPB University Galang Dana untuk Korban Bencana Sulbar dan Kalsel

Oleh : very - Senin, 15/02/2021 10:30 WIB

Untuk penyalurannya, Sekolah Bisnis IPB University memilih menyalurkannya melalui Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni (ARM HA) IPB University. Bantuan itu terdiri atas Rp 10 juta untuk warga di Sulawesi Barat dan Rp 10 juta lainnya untuk para penyintas banjir di Kalimantan Selatan. (Foto: ist)

Bogor, INDONEWS.ID -- Sekolah Bisnis (SB) IPB University menggugah solidaritas dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswanya untuk membantu warga terdampak gempa di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan melalui penggalangan dana. Dari ajang solidaritas ini, SB berhasil menggalang dana sebesar Rp 20 juta.

Untuk penyalurannya, SB memilih menyalurkannya melalui Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni (ARM HA) IPB University. Bantuan itu terdiri atas Rp 10 juta untuk warga di Sulawesi Barat dan Rp 10 juta lainnya untuk para penyintas banjir di Kalimantan Selatan.

Wakil Dekan bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan (SKP) SB, Dr Nimmi Zulbainarni menjelaskan, musibah di berbagai pelosok negeri telah menggugah solidaritas sivitas akademika SB IPB University.

"Semoga donasi yang kami sampaikan ini dapat sedikit meringankan beban para korban bencana,” kata Dr Nimmi Zulbainarni.

Pernyataan Dr Nimmi tersebut disampaikan saat ia menyerahkan donasi secara resmi kepada Ketua Bidang Mobilisasi Sumberdaya ARM HA, Muhammad Bachtiar, STP, MM di Kampus IPB Gunung Gede, Bogor, 11/2.

Dr Nimmi mengungkapkan, SB IPB University sudah selama setahun terakhir menjalin kerjasama dengan ARM HA. Kerjasama diawali saat penggalangan dana mendukung aksi Solidaritas Alumni IPB University untuk banjir dan longsor Jabotabek (SAIBAN) Tahap 2 di Sukajaya dan Jasinga, Kabupaten Bogor, awal tahun 2020 silam. Dari pengalaman selama setahun terakhir, SB IPB University menyaksikan betapa tim relawan ARM HA sangat solid dan berpengalaman dalam membantu warga. “ARM terpercaya dalam penyaluran donasi karena terjun langsung untuk melihat kondisi tempat dan korban bencana,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Bachtiar mewakili ARM HA berterima kasih atas kepercayaan SB kepada ARM. “Insya Allah bantuan ini akan segera kami sampaikan untuk para korban bencana gempa di Sulawesi Barat dan korban banjir di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Saat ini ARM HA tengah menyiapkan aksi ketiga untuk warga terdampak gempa di Sulawesi Barat. ARM HA bekerja sama dengan jaringan relawan lokal, yang berfokus pada pengadaan dan pipanisasi air bersih sepanjang empat kilometer untuk warga Botteng Utara, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju. Bersama masyarakat setempat, ARM HA juga menyiapkan renovasi masjid di Dusun Suri, Desa Pasangaan, Kecamatan Tapalang Barat.

Adapun untuk para penyintas banjir di Kalimantan Selatan, ARM HA bekerja sama dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) HA IPB University di Kalimantan Selatan, yang telah lebih dahulu terjun ke lapangan sejak awal bencana. ARM HA dan DPD HA Kalimantan Selatan mengidentifikasi kebutuhan pokok, air minum dan air bersih, bingkisan anak-anak, serta kebutuhan khusus kaum lansia dan perempuan, sebagai  hal yang masih dibutuhkan warga di beberapa lokasi. (Very)

Loading...

Artikel Terkait