Sosok

Mengenal Sosok Honesti Basyir, Calon Kuat Ketum Ikatan Alumni ITB 2021-2025

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 24/02/2021 13:01 WIB

Mengenal Sosok Honesti Basyir, Calon Kuat Ketum Ikatan Alumni ITB 2021-2025

Sosok, INDONEWS.ID - Sejak kongres pertama Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) digelar pada 26 Maret 1976 silam, pemilihan Ketua IA-ITB yang sudah di depan mata akan memasuki periode yang ke sepuluh pada tahun 2021 ini.

Sebagai, salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, ITB telah melahirkan ribuan alumni yang memiliki peranan strategis pada kemajuan bangsa. Sebut saja Soekarno sebagai salah satu mahasiswa pertamanya, kemudian B.J Habibie yang pernah mencicipi pendidikan tekniknya.

Mengutip JPNN.com, ada delapan nama yang telah secara resmi mencalonkan diri sebagai kandidat Ketua Ikatan Alumni ITB. Pembacaan nama para kandidat tersebut juga diiringi dengan pengundian nomor urut serta penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh kandidat yang hadir di Sekretariat Pengurus Pusat IA-ITB di Jl. Hang Lekiu II No.40, Jakarta Selatan pada 31 Januari 2021 lalu.

Dari delapan tokoh nasional dengan berbeda latar belakang pengadian tersebut adalah Honesti Basyir. Berbekal segudang prestasi, Honesti Basyir atau yang akrab disapa Ones ini, ingin menjadi nahkoda bagi para alumni ITB.

Tujuannya, agar bisa berkontribusi lebih banyak lagi bagi ITB sebagai almamaternya tercinta. Namun, siapa sosok Honesti Basyir atau Ones itu?

Sosok Honesti Basyir

Honesti Basyir dikenal sebagai seorang teknokrat, ekonom dan profesional Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Bio Farma yang menjadi holding BUMN Farmasi sejak 2019.

Sosok kelahiran Padang, Sumatra Barat 24 Juni 1968 ini berkiprah selama hampir 30 tahun di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sosok yang memiliki pembawaan santai dan bersahabat ini sudah berkontribusi untuk ITB melalui dukungan-dukungan sejumlah program kegiatan.

Namun, sosok bersusia 52 tahun ini mengaku masih saja merasa kontribusi yang diberikannya jauh dari cukup, untuk itu, ia bertekad maju menjadi calon nahkoda agar bisa memberikan kontribusi lebih banyak lagi.

Ones menyelesaikan pendidikan dasarnya dari SD 47 Damar, Padang dan meneruskan pendidikan tingkat lanjutnya dari SMP 2 Padang. Ones lalu merampungkan pendidikan tingkat atasnya dari SMA 2 Padang.

Pada 1992, Ones menuntaskan pendidikan tingginya dengan menyabet gelar Sarjana Teknologi Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan menyelesaikan gelar master bidang Corporate Finance dari Sekolah Tinggi Manajemen Bandung pada 2004.

Karier

Melihat perjalanan karirnya, Basyir memiliki segudang prestasi yang membuatnya cocok menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni ITB untuk periode 2021-2125.

"Dengan semangat kolborasi dan mengabdi, saya memantapkan diri untuk maju pada pemilihan Ketua Umum Ikatan Alumni ITB Periode 2021-2025 dengan nomor urut 1 (satu)," ungkap Ones.

Saat ini, alumni teknik industri ITB angkatan 1987 ini tengah menjabat sebagai Direktur Utama Bio Farma, sebuah Holding BUMN bidang farmasi sejak tahun 2019 lalu.

Sebelumnya, sosok yang akrab disapa Ones ini pernah menjabat sebagai Direktur Utama Kimia Farma dan Direktur Keuangan PT Telkom Indonesia.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Telkom Indonesia, Ones pernah menjabat sebagai Direktur Wholesale and International Service Telkom.

Ones juga tercatat pernah menjabat sebagai Vice President Strategic Business Development, Direktorat IT Solution & Strategic Portfolio Telkom.

Ia juga pernah menjabat sebagai Business Development (Pengembangan Bisnis Anorganik Telkom) serta menjadi Project Telecomunication (untuk modernisasiinfrastruktur Telkom).

Ones juga diketahui aktif di berbagai organisasi, antara lain Ia pernah menjadi Ketua Mahasiswa Teknik Industri (MTI) IT pada 1990-1991. Lalu pada 1989-1990, Ones menjadi Ketua Unit Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia.

Sukses Kelola Kimia & Bio Farma

Sejak Honesti memimpin Kimia Farma, perusahan pelat merah itu mulai merambah digitalisasi dengan menerapkan teknologi informasi dari hulu ke hilir. Dimulai dengan layanan apotek online hingga meluncurkan aplikasi e-commerce Mediv pada April 2019.

Aplikasi Mediv ini memungkinkan mitra bisnisnya menjual produk-produk kesehatan dari Kimia Farma tanpa harus memiliki gerai fisik atau gudang sebagaimana bisnis konvensional.

Layanan digital memang tidak asing bagi Honesti. Sebelum bertugas di Kimia Farma, ia pernah menduduki sejumlah posisi strategis di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Kariernya di Telkom dimulai sebagai project telecommunication yang bertugas mengurus infrastruktur BUMN telekomunikasi tersebut.

Di masa kepemimpinan Honesti, Kimia Farma juga melakukan ekspansi ke Timur Tengah. BUMN tersebut mengakuisisi 60% saham Dawaa Medical Limited Company senilai Rp 139 miliar pada Maret 2018.

Aksi korporasi ini menjadi langkah Kimia Farma untuk membuka gerai distribusi dan apotek retail di Arab Saudi. Perusahaan ingin meraih sebagian dari potensi pasar farmasi di Arab Saudi yang diperkirakan mencapai US$ 20 miliar pada 2020.

Berdasarkan laporan tahunan 2018, Bio Farma memiliki aset senilai Rp 7,4 triliun. Penjualan bersih perseroan mencapai Rp 3,23 triliun pada akhir 2018, turun 1,48% dibandingkan 2017 sebesar Rp 3,28 triliun. Laba bersih Bio Farma juga turun 6,53% menjadi Rp 543,23 miliar pada tahun lalu.

Sementara itu, total aset Kimia Farma pada 2018 mencapai Rp 9,46 triliun sedangkan Indofarma Rp 1,44 triliun. Penjualan bersih Kimia Farma pada 2018 mencapai Rp 7,45 triliun dan Indofarma Rp 1,59 triliun. Adapun laba tahun berjalan 2018 Kimia Farma sebesar Rp 401,79 miliar sedangkan Indofarma merugi sebesar Rp 29,76 miliar.

Pada 2020, Bio Farma mendapat penghargaan. Honesti Basyir selaku direktur utama dinilai mampu membawa Bio Farma menjadi perusahaan yang dipercaya oleh World Health Organization (WHO) untuk mendapatkan izin emergency use vaksin polio dalam waktu singkat. Reputasi ini juga yang mendorong Bio Farma kembali mengajukan izin emergency use untuk vaksin Covid-19.

Selain itu, Bio Farma menjadi salah satu dari sedikit perusahaan yang lolos audit Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) yang dirintis Bill Gates untuk memproduksi vaksin Covid-19.
"Bio Farma bukan hanya berperan besar dalam menghadapi Covid-19 tetapi juga mengharumkan nama bangsa,” tambah Hermawan.

Penghargaan:

Penampilan Ones dalam bidang dan pekerjaan yang digelutinya pantas diacungi jempol hingga sukses mendulang berbagai penghargaan.

Pada 2013 Ones menerima penghargaan sebagai The Best CFO, Finance Asia. Tiga (3) tahun berselang, pada 2016 Ones kembali meraih penghargaan sebagai The Best Asian Marketing 2.0 from Michael Porter.

Tak sampai di situ, pada 2017, Ones kembali mendapat penghargaan The Most Admired CEO in Pharmacy Sector dari Warta Ekonomi dan The Best Industry Marketing Champion for Pharmaceutical Sector pada 2018.

Terakhir, pada 2020, Ones kembali menyabet penghargaan sebagai Markerter of the Year dari Markplus.

Profil Singkat:

Nama: Honesti Basyir
Lahir: Padang, Sumatera Barat 24 Juni 1968

Pendidikan

SD 47 Damar, Padang
SMP 2 Padang
SMA 2 Padang
S-1 Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung (1992)
S-2 Corporate Finance Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (2004)

Karier

Project Telecomunication (untuk modernisasi infrastruktur Telkom)
Corporate Planning
Business Development (pengembangan bisnis anorganik Telkom)
Assistant Vice President Business & Finance Analysis dan Project Controller-1 Project Management Office Telkom
Vice President Strategic Business Development Direktorat IT Solution & Strategic Portfolio Telkom
Direktur Keuangan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
Direktur Wholesale and International Service PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
Direktur Keuangan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.*(Rikard Djegadut).

 

 

Artikel Terkait