Nasional

Peringati HUT ke-75, Kasal Tuntut Pomal lebih Menunjukkan Eksistensinya

Oleh : luska - Senin, 22/02/2021 21:30 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Memperingati Hari Ulang Tahun  ke-75 Polisi Militer Angkatan Laut  (Pomal), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menuntut Pomal lebih menunjukkan eksistensinya guna mencegah dan menangani setiap pelanggaran disiplin, maupun menjauhkan prajurit TNI Angkatan Laut dari segala bentuk tindak pidana.Hal tersebut disampaikan Kasal saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Pomal tahun 2021, di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Senin, (22/2). 

Menurut Kasal, tuntutan  tersebut dapat terlaksana apabila memiliki prajurit Pomal yang berdedikasi, kredibel dan professional serta terus membenahi organisasi berlandaskan pada tripilar, yaitu kesiapan personel, kesiapan materiil pomal yang didukung dengan perangkat lunak serta penyelenggaraan dukungan yang baik.

Peringatan HUT ke 75 Pomal  diawali dengan pengangkatan Kasal sebagai Warga Kehormatan Polisi Militer TNI Angkatan Laut, ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan dan prosesi Pembaretan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono oleh Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksamana Muda TNI Dr. Nazali Lempo, S.H., M.H., CHRMP.

Kasal  dalam amanatnya mengatakan bahwa Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) adalah figur prajurit yang memegang teguh semboyan “Wijna Wira Widhayaka” atau prajurit penegak aturan yang berwatak kesatria, arif dan bijaksana serta senantiasa menjunjung tinggi prinsip kebenaran. Setiap individu Prajurit Pomal harus menjadi teladan dan panutan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan hukum, Undang-undang dan peraturan yang berlaku.

“Saya berharap agar Polisi Militer Angkatan Laut dapat terus mengedepankan sinergitas dan soliditas TNI-POLRI yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), serta menciptakan situasi kondusif antar instansi penegak hukum dengan mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional dan program vaksinasi nasional”, ujarnya.

Dalam kegiatan yang bersejarah ini, juga tergambar bagaimana sinergitas dan soliditas TNI Polri saat pelaksanaan demontrasi  ketrampilan mengendarahi motor dan pemberian kue ulang tahun dan tumpeng dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Dr. Drs. H. Muhammad Fadil Imran, M.Si serta  pertunjukan demonstrasi freestyle motor gede Aswatama Wira Pratama   gabungan dari   Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dengan Polisi Wanita (Polwan).

Kegiatan yang dihadiri Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Inspektur Jenderal Angkatan Laut (Irjenal) Laksamana Muda TNI Moelyanto, M.Si (Han), Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal Laksamana Muda TNI Dr. Drs. Ir. S. Thamrin, M.Eng.Sc., CIQaR., para Asisten Kasal, para Kadis jajaran Mabesal, dan para Pimpinan Kotama TNI AL Wilayah Jakarta, serta para mantan Danpuspomal dari masa ke masa ini ditandai dengan Penyematan Tanda kehormatan RI. (Lka)

 

Artikel Terkait