Nasional

Audiensi dengan Wakil Menteri Budi Arie, GMKI: Mahasiswa Harus Turun Bangun Desa

Oleh : Mancik - Selasa, 23/02/2021 23:27 WIB

PP GMKI saat audiensi dengan Wamen PDTT Budi Arie di Gedung C Kementerian PDTT.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia diwakili oleh Novelin Silalahi (Bendahara Umum PP GMKI), Prima Surbakti (Kabid Aksi dan Pelayanan), Timotius Lubis (Sekretaris Fungsi Masyarakat) bertemu dengan Wamen PDTT Budi Arie di Gedung C Kementerian PDTT. Jakarta, Selasa, (23/02/2021)

Menurut data BPS tahun 2020, sebanyak 56,7 persen masyarakat Indonesia tinggal di wilayah perkotaan. Diprediksi tahun 2035, masyarakat yang tinggal di perkotaan mencapai 66,6 persen. PP GMKI melihat, laju urbanisasi yang tinggi akan menjadi persoalan di masa depan.

Di perkotaan, wilayah akan menjadi kumuh, masifnya pencemaran lingkungan, kemacetan lalu lintas dan tingkat kriminalisasi tinggi sedangkan di desa usia produktif rendah, dan pengelolaaan lahan menurun.

Melihat tingginya masyarakat yang menetap di wilayah perkotaan, PP GMKI mendorong program "GMKI untuk Desa" kepada Wamen PDTT Budi Arie. Program ini sebagai bentuk pengbadian mahasiswa kepada masyarakat di desa.

Menurut Wakil Menteri Desa, program ini sangat baik apabila dilaksanakan oleh PP GMKI. Budi Arie menyampaikan, terdapat 21.000 desa yang masih terisolasi dan tertinggal. Desa tersebut berada di Nias, NTT, Maluku, Maluku Utara, dan Papua. Pembangunan desa bisa diawali dengan peningkatan SDM melalui pendidikan hingga pembangunan infrastruktur.

Wamen PDTT meminta GMKI berperan menjadi tenaga pengajar untuk membantu siswa di desa. Selain itu, Wamen PDTT mendorong GMKI untuk mengorganisir pemuda desa dalm menciptakan kegiatan usaha kreatif dan membangun BUMDes.

Mewakili Ketua Umum PP GMKI, Prima Surbakti (Kabid Akspel PP GMKI) mengungkapkan program Bina Desa bisa mendorong produktifitas dan kemandirian desa. Melalui kader-kader GMKI seluruh Cabang se-tanah air, GMKI siap menjalankan program Bina Desa.

Kami berharap bekerja sama dengan semua instansi dalam membangun kemandirian desa. Dengan demikian, progrma ini bisa berjalan dan memenuhi harapan besar masyarakat di desa.*

 

 

Artikel Terkait