Nasional

Ketua PSAPI Kunjungan ke Lemhannas RI

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 06/03/2021 10:45 WIB

Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI), Marsekal (Purn) Chappy Hakim bersilaturahmi dengan Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Jum`at pagi 5 Maret 2021.

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI), Marsekal (Purn) Chappy Hakim bersilaturahmi dengan Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, jumat pagi 5 Maret 2021.

Dalam kesempatan itu sebagai alumni Lemhannas, Chappy Hakim bertukar pikiran mengenai perkembangan terakhir lingkungan strategis terutama masalah masalah pertahanan keamanan negara,

"Selain itu, juga menjajaki kemungkinan PSAPI untuk turut serta berkontribusi “sumbang saran” kajian kajian tentang masalah kedirgantaraan (air and space) kepada Lemhannas RI," ungkap KSAU RI tahun 2002-2005 ini.

Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyambut baik ide tersebut serta menjelaskan bahwa saat ini Lemhannas RI tengah dalam proses mencoba mengembangkan diri antara lain menggeser pola metodologi, yakni dengan mentransformasikan dari metoda yang “conventional top down” menjadi lebih banyak melibatkan peserta dalam mengembangkan diri untuk berpikir kritis.

Dengan adanya transformasi tersebut, maka para peserta dapat diharapkan mempunyai pengetahuan yang lebih tinggi dan luas serta memiliki perbandingan pengetahuan, bukan hanya dari tenaga pengajar saja akan tetapi juga dari sesama peserta.

Hal tersebut dilakukan, karena “Kita tengah dan tetap mengikuti derap perkembangan lingkungan strategis yang belakangan ini terlihat sekali menjadi sangat dinamis jelas Gubernur Lemhannas.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Wagub Lemhannas Marsdya TNI Wieko Sofyan, Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI Agus Arif Fadila dan Kepala Biro Kerja Sama Hukum Laksma TNI Sri Widodo, serta Kabag Perpustakaan Lemhannas Bapak Suparmo.

Pertemuan non formal itu memang berlangsung santai di ruang perpustakaan Lemhannas, yang ditata apik, bersih dan antara lain telah dilengkapi pula dengan “Ir. Soekarno Corner” yang banyak berisi buku buku karya Proklamator dan Presiden RI yang pertama itu.

Pada kesempatan tersebut, selesai “diskusi” yang sangat menarik, Chappy Hakim sebagai tanda terimakasih telah menyerahkan 30 buku untuk Perpustakaan Lemhannas yang sebagian besar tentang masalah masalah “defence and aviation” serta Leadership.

Mengakhiri pertemuan tersebut, Gubernur Lemhannas Letjen TNI Purn Agus Widjojo selain menyampaikan terima kasih juga telah memberikan Buku Kiprah Lemhannas RI kepada Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim.*

 

Loading...

Artikel Terkait