Daerah

Bupati Karolin: Berbagi Pengalaman Kerja Birokrasi Penting untuk Peningkatan Kinerja Pemerintah Daerah

Oleh : Mancik - Kamis, 18/03/2021 19:01 WIB

Bupati Landak Karolin Margret Natasa saat melakukan kerja di Kabupaten Kapus Hulu dan diterima langsung oleh Bupati Fransiskus Diaan.(Foto:Dok.Pemkab Landak)

Kapuas Hulu, INDONEWS.ID - Bupati Landak Karolin Margret Natasa melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Hulu dengan didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Landak, para Asisten dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Landak.

Kunjungan kerja ini disambut langsung oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Razali, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dan jajaran Kepala OPD Kabupaten Kapuas Hulu yang bertempat di ruang sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kapuas Hulu.

Bupati Karolin dalam sambutannya mengatakan, kunjungan kerja tersebut merupakan bagian dari menjalin tali silahturahmi antara Pemkab Landak dengan Pemkab Kapuas Hulu dengan berbagi pengalaman yang mana Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu kabupaten tertua di Kalimantan Barat.

“Kita sebagai kabupaten baru di Kalimantan Barat yang belum berusia 25 tahun sudah selayaknya mendapatkan pengalaman dari kabupaten yang sudah lama di Kaalimantan Barat seperti Kabupaten Kapuas Hulu ini. Tentunya kedatangan Kami di sini ingin berbagi pengalaman kepada Pemkab Kapuas Hulu dalam melaksanakan tatanan roda pemerintah yakni penyederhanaan birokrasi,” ungkap Karolin disela-sela kunjungan kerja tersebut, Kamis,(18/03/2021)

Pada kesempatan tersebut,Bupati Karolin mengatakan, penyederhanaan birokrasi di pemerintahan merupakan sesuatu yang baru sehingga diperlukan berbagai masukan dari berbagai referensi agar dapat mengambil keputusan terbaik.

“Oleh karena itu ini perlu didiskusikan sehingga Kita bisa memberikan masukan dan bisa memberikan keputusan terbaik sesuai dengan arahan dari Presiden dengan tetap bersama-sama mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, efisien dan bebas dari korupsi,” terang Karolin.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam menjalankan tugas pokok fungsinya, perangkat daerah menerapkan pola hubungan kerja yang bersifat koordinatif, sinkronisasi dan fungsional sehingga pelaksanaannya mempunyai hubungan kerja yang jelas.

“Kami berkomitmen untuk semaksimal mungkin melaksanakan upaya-upaya pembangunan diberbagai sektor baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat. Terkait dengan hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Kami yaitu terwujudnya Kapuas Hulu yang Harmonis, Enerjik, Berdaya Saing, Amanah dan Terampil sehingga menjadi arah dan pedoman bagi segenap lapisan dan komponen elemen masyarakat serta jajaran aparatur pemerintah dalam membangun Kabupaten Kapuas Hulu,” jelas Sis.

Bupati Sis mengungkapkan, penyederhanaan birokrasi dan pengadaan calon Aparatur Sipil Negara tahun 2021 merupakan arahan dan mandate dari Presiden Republik Indonesia yang diberikan kepada seluruh lembaga dan instansi pemerintah.

“Sejalan dengan hal tersebut merupakan salah satu strategi dan arah kebijakan Kami kedepan yakni melaksanakan percepatan pembangunan pada 8 area perubahan birokrasi Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu yang terdiri dari manajemen perubahan, peningkatan SDM aparatur, penguatan pengawasan, peningkatan akuntabilitas, peningkatan kualitas pelayanan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan tata lakasana serta penguatan dan penataan organisasi,” tutupnya.*

 

 

 

Artikel Terkait