Gaya Hidup

Neshband: Romantisme Patah Hati Melodi Cinta

Oleh : luska - Sabtu, 20/03/2021 14:22 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Terkadang lagu terbaik justru kerap ditemukan dari sebuah rilisan yang tak terendus, dirilis biasa saja, tanpa pretensi, bahkan impian untuk merebut panggung besar. Itu menurut Tarsius Records, dan Neshband bentuk contoh sempurna dari seorang jenius bernama Ganesh, yang lebih dikenal dengan proyek solonya, The Silent Love.

Maka ketika Eko dari Shinny Happy Records merekomendasikan Tarsius Records untuk mendengarkan sebuah tautan band bernama Neshband, dengan album mini Melodi Cinta, merilis digital pada berbagai kanal musik streaming dan bandcamp menjadi hal yang dilakukan.

Melodi Cinta berisikan lima lagu indiepop dengan penulisan lagu dan lirik indiepop “sad love heartbroken”, dirilis oleh Ganesh pada 2009. sebelas tahun silam. Lirik-lirik patah hati dan harapan asmara dari seorang pria yang nestapa dalam urusan percintaan, ada semua di kelima lagu tersebut. 

"Ketika itu memang lagi masa-masa muram urusan percintaan hahaha dan selalu malah jadi lagu dan lirik saja," kata Ganesh yang kini sudah menjadi bapak satu anak di keluarga kecilnya.

Neshband sendiri adalah proyek musik solo pertama Ganesh, jauh sebelum The Silent Love. Sejak 2001, dirinya suka merekam lagu, bahkan memakai tape double deck. 

"Kayanya abis liat video klipnya Gorillaz dulu mikirnya si Damon Albarn ngerekam semuanya sendiri kayanya seru juga proyek musik sendiri hahaha," ujarnya lagi.

Rilisan Neshband sendiri, sebuah album penuh dan album mini. Plus pernah ikut serta dalam dua kompilasi di sebuah netlabel di Yogyakarta dan juga Deathrockstar pada 2004. Rilisan fisik pun pernah dirilis oleh Neshband, tapi hanya terbatas dan dibagikan kepada teman-teman saja.

Melodi Cinta adalah kisah menyenangkan dari Ganesh melalui moniker bernama Neshband. Hal yang aneh juga akhirnya album mini ini dirilis, dan kalau bukan rekomendasi teman, tentu album indiepop ini akan berdebu di pojokan internet yang tak lagi disambangi orang. Karena rilisan yang “lovely” dari band seperti Neshband layak didengar siapa saja. (Harlan Boer)

Loading...
TAGS : Neshband

Artikel Terkait