Pojok Istana

Presiden Jokowi Segera Lantik Dua Menteri Baru, Menteri Nadiem Ikut Diganti?

Oleh : very - Rabu, 14/04/2021 13:22 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (Foto : istimewa)

Jakarta - Isu reshuffle atau pergantian kabinet kembali mengemuka setelah rencana meleburkan Kemenristek dan Kemendikbud menjadi Kemendikbud Ristek dan rencana pembentukan kementerian baru yaitu Kementerian Investasi.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, mengatakan bahwa Jokowi dalam waktu dekat ini akan melantik dua menteri tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Ngabalin di akun Twitter seperti dilihat pada Rabu (14/4/2021). Namun Ngabalin belum mengetahui pasti apakah ada menteri baru lain yang juga akan dilantik.

"Presiden Insya Allah akan melantik menteri baru (1) Menteri Dikbud/Ristek (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM. Adakah menteri-menteri lain yang akan dilantik, kapan & siapa para beliau itu? Wallahu`alam bisshowaab itu hak prerogatif Presiden & kita tunggu saja. #KabinetIndonesiaMaju," tulis Ngabalin.

Sinyal reshuffle Kabinet Indonesia Maju ini juga dibenarkan oleh juru bicara Wakil Presiden Ma`ruf Amin, Masduki Baidlowi. Ma`ruf disebut sudah diajak berdiskusi dengan Jokowi terkait reshuffle kabinet tersebut.

"Kalau terkait dengan soal apakah nanti ada reshuffle, tentu Wapres udah rembukan, diajak rembukan oleh presiden," kata Masduki dalam konferensi pers secara daring, Senin (12/4) seperti dikutip Detikcom.

Masduki menjawab pertanyaan wartawan terkait ada-tidaknya reshuffle sehubungan dengan disetujuinya pembentukan Kementerian Investasi dan penggabungan Kemendikbud dengan Kemenristek.

Meski begitu, Masduki tidak bicara detail soal pergantian kursi menteri tersebut. Masduki mengaku belum memperoleh kabar terkini soal reshuffle.

"Nanti akan ada pembicaraan spesifik antara presiden dan wapres dan kalau semuanya clear baru dibicarakan," lanjutnya.

Seperti diketahui, dua menteri yang akan dileburkan Presiden Jokowi yaitu Mendikbud Ristek dan Menteri Investasi/Kepala BKPM. Mendikbud saat ini adalah Nadiem Makarim. Sementara Menteri Investasi adalah posisi baru.

Kepala BKPM saat ini, Bahlil Lahadalia santer disebut sebagai Menteri Investasi. Nantinya, dia bakal merangkap jabatan Kepala BKPM.

Sementara itu, yang masih menjadi pertanyaan, siapa pengganti Nadiem Makarim?

Apakah Menteri Nadiem akan di-reshuffle oleh Presiden Jokowi? Hanya Tuhan dan Presiden Jokowi yang tahu. (Very)

 

 

Artikel Terkait