Nasional

Anggota Kompolnas Pudji Hartanto Minta Masyarakat Patuhi Larangan Mudik

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 24/04/2021 08:45 WIB

Anggota Kompolnas Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), mengapresiasi penegakan kebijakan larangan mudik yang dilakukan jajaran Korps Lalulintas Polri. Kebijakan dari Pemerintah itu, untuk mengantisipasi penularan wabah Covid-19.

Anggota Kompolnas, Irjen Pol (Purn), Drs Pudji Hartanto Iskandar mengimbau masyarakat agar berpikir dewasa untuk mendukung kebijakan Pemerintah tersebut dengan tidak melakukan mudik pada perayaan Idulfitri 1442/Hijriah tahun 2021 ini.

“Pandemi Covid-19 itu virus yang berbahaya. Jadi pilihannya tidak mudik lebaran lebih baik dari pada terpapar Covid-19 yang bisa mematikan,” kata Pudji Hartanto di Jakarta, Sabtu (24/4/21).

Mantan Kapolda Sulsel itu mengatakan, kehidupan masyarakat sangat heterogen sehingga Pemerintah bersikap tegas untuk melarang mudik lebaran tahun 2021. Pasalnya dikhawatirkan, kegiatan mudik lebaran menjadikan angka kasus  Covid-19 melonjak. Sehingga, akan banyak lagi korban meninggal karena Covid-19.

Mantan Kakorlantas Polri itu menitipkan secara khusus beberapa harapan kepada Polri agar terus menerus dan secara masif mensosialisasikan tentang imbauan tidak mudik, serta langkah-langkah preventif sampai dengan tindakan represif. Selain itu juga diperlukan antisipasi profesional sebelum hari H berlakunya larangan mudik lebaran tahun 2021.

“Selaku anggota Kompolnas, saya mengimbau kepada jajaran Korps Lalulintas Polri yang bertugas, agar tindakan represif yang dilakukan jangan sampai bertentangan atau disalahgunakan oleh anggota di lapangan. Anggota harus mengikuti dan melaksanakan standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ada,” tegas Pudji Hartanto.

Menurutnya, koordinasi personel lalulintas Polri yang bertugas  di lapangan, juga diperlukan terutama bila ada kebijakan Pemerintah Daerah yang berbeda baik itu antar Propinsi ataupun Kabupaten/Kota, sehingga tidak menimbulkan kontra produktif.

“Tindakan tepat dan tegas dituntut oleh personel Lalulintas Polri yang bertugas di lapangan. Oleh karena itu,t fungsi pengawasan/kontrol oleh masing-masing pimpinan Polri di lapangan sangat diperlukan. Saya meminjam istilah jangan sampai menyelesaikan masalah timbul masalah lain,” tegasnya.

Pudji menambahkan, secara umum, Pemerintah sudah benar melakukan kebijakan tersebut demi melindungi warganya. Di sisi lain, Pemerintah juga berusaha meminimalisir dampak kebijakan tersebut.

“Kepada masyarakat, saya mengajak lebih baik berhenti sejenak untuk kemudian berlari artinya tunda mudik lebaran kali ini, Insya Allah Covid-19 hilang kita bisa mudik lagi, dengan suka cita,” pungkasnya.*

Artikel Terkait