Gaya Hidup

ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Dua Layar Paling Bertenaga

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 27/04/2021 20:45 WIB

Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin dalam Rog Born Champions

Jakarta, INDONEWS.ID - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan perangkat gaming inovatif terbarunya yakni ROG Zephyrus Duo 15 SE. Sesuai namanya, model ini melanjutkan generasi Zephyrus Duo 15 yang dirilis tahun 2020 lalu, namun tentunya dengan sejumlah peningkatan yang juga signifikan.

Sebagai pengingat, Zephyrus Duo series merupakan laptop edisi khusus yang memiliki dua buah layar. Model terbaru ini mendapatkan upgrade di bagian layar utamanya yang memiliki ukuran 15,6 inci serta ROG ScreenPad Plus, layar kedua yang merupakan layar sentuh 14,1 inci.

Dengan layar semakin canggih, pengguna bisa melakukan lebih banyak hal, mulai dari gaming dan streaming, sampai ke pembuatan konten serta pekerjaan multitasking lainnya.

Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin Mengatakan bahwa Zephyrus Duo 15 SE juga sudah diperkuat oleh CPU generasi terbaru yakni AMD Ryzen 9 5000 series dan grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 series. Dan untuk mengamankan stabilitas sistem, pendinginan berbasis AAS Plus menggunakan kipas yang didesain ulang sehingga mampu menyingkirkan panas hingga 165 watt.

Panel layar premium dengan resolusi 4K Ultra HD yang disediakan menawarkan visual yang sangat luar biasa baik untuk gaming taupun pekerjaan kreatif. Sementara varian layar Full HD dengan refresh rate 300Hz menawarkan kecepatan untuk kelas pemain e-sports.

“Dari sisi media penyimpanan, storage yang mendukung SSD yang bisa dikonfigurasi dengan opsi RAID juga akan melipatgandakan kecepatan baca/tulis serta performa sistem secara keseluruhan,”tambahnya.

ROG ScreenPad Plus

Jimmy mengatakan, Penambahan layar kedua pada laptop merupakan tantangan tersendiri bagi produsen yang berusaha menghadirkan laptop dengan form factor ultra-slim. Setiap milimeter atau setiap gram bobot harus dipertimbangkan dengan ketat, dan juga layar sekunder tersebut harus cukup lega untuk dapat benar-benar berguna dan nyaman untuk digunakan secara sentuh atau dengan stylus.

ASUS menjadi pionir untuk perangkat laptop dengan dual display pada perangkat ZenBook Duo dan Pro Duo. Namun setelah itu, ROG melanjutkan inovasinya lebih jauh lagi.

ROG Zephyrus Duo 15 SE menggunakan display kedua, ScreenPad Plus yang akan terangkat saat digunakan demi meningkatkan kenyamanan. Selain itu, metode ini juga menghadirkan intake udara yang lebih besar demi meningkatkan aliran udara untuk sistem pendinginannya.

Saat laptop dibuka dan giunakan, ROG ScreenPad Plus terangkat dengan sudut 13 derajat untuk kenyamanan mata pengguna serta saat akan menyentuh dan bekerja di layar kedua. Sudut pengangkatan ini juga sangat fleksibel karena engsel dan body belakangnya juga dapat menopang posisi layar.

Hadir dalam ukuran 14,1 inci, layar tersebut merupakan display tambahan yang paling besar yang ada di laptop gaming. Panel IPS tersebut melebar di seluruh permukaan body laptop, sehingga menyediakan ruang yang cukup luas untuk penggunanya berkreasi.

Gamers juga bisa menikmati pengalaman yang lebih mulus saat bermain game di layar utama, di saat yang sama bisa sambil tetap chatting ataupun melakukan broadcasting lewat kontrol yang dilakukan di layar kedua di bawahnya.

Selain itu, content creator juga bisa bekerja di layar utama tanpa gangguan. Toolbar, timeline, dan material referensi bisa ditempatkan di layar kedua. Pekerjaan multitasking lainnya juga akan mendapatkan manfaat lebih dari hadirnya layar ekstra. Dan yang menarik, layar sentuhnya juga mendukung ASUS Pen stylus sehingga memungkinkan pengguna membuat sketsa gambar atau tulisan tangan.

ROG bekerja sama dengan pengembang game dan seniman untuk menghadirkan pengalaman baru ke ROG ScreenPad Plus. Dying Light 2, salah satu judul game yang ditunggu-tunggu dari Techland dapat memindahkan co-op chats ke layar sekunder agar mudah dilihat dan menambahkan kontrol layar sentuh untuk peralihan cepat antara item inventaris dan misi.

Berbagi platform layar kedua dengan laptop ASUS ZenBook Pro Duo menawarkan kompatibilitas dengan Control Panel ProArt yang ada di perangkat tersebut. Layar ROG Zephyrus Duo juga bisa menunjukkan bagaimana para seniman bisa menggabungkan musik dan visual yang terinspirasi dari game.

ROG ScreenPad Plus juga bekerja dengan banyak alat dan aplikasi yang secara intuitif meningkatkan pekerjaan dan permainan sehari-hari. Task Group mengambil cuplikan dari tata letak aplikasi pilihan pengguna di kedua layar dan memuat setting yang sudah dioptimalkan untuk berbagai skenario.

Utilitas sistem ROG Armory Crate dapat dioptimasi untuk layar kedua dan menampilkan pemantau sumber daya yang berguna yang melacak statistik penting seperti frekuensi CPU dan GPU. XSplit Gamecaster dioptimalkan untuk layar kedua, membuatnya mudah untuk mengelola siaran dan game secara bersamaan.

Overwolf menawarkan keunggulan multi-tampilan dengan penyempurnaan seperti statistik real-time, rekomendasi build, dan lainnya untuk game-game populer. Dan FL Studio, perangkat pengolah audio digital bisa memindahkan mixernya ke ScreenPad Plus, yang juga memberi produser musik lebih banyak ruang di tampilan utama untuk alat aplikasi lainnya.

Layar utama 4K 120Hz 3ms atau Full HD 300Hz 3ms

Zephyrus Duo 15 SE membawa layar utamanya ke era resolusi 4K Ultra HD baru juga dengan panel resolusi Full HD yang memiliki refresh rate di 300Hz dan memiliki waktu respons gray-to-gray berkelas esports yakni 3ms.

Dengan cakupan penuh dari ruang warna yakni 100% Adobe RGB untuk panel resolusi 4K 120Hz 3ms dan 100% sRGB untuk panel resolusi Full HD 300Hz 3ms, opsi tampilan premium ini menyeimbangkan pembuatan konten tingkat profesional dengan permainan yang halus dan tajam.

Refresh rate yang sangat tinggi melampaui standar untuk turnamen esports dan membuat gameplay sangat mulus. Adapun waktu respons yang tinggi akan mempertahankan gambar yang tajam untuk pelacakan dan penargetan tembakan yang akurat.

Tampilan utama layar laptop juga menggunakan teknologi Adaptive-Sync untuk menyesuaikan kecepatan refresh panel dengan kecepatan frame rate GPU. Mengkoordinasikan secara dekat komponen ini meningkatkan pengalaman bermain game dengan menghilangkan gangguan visual, meminimalkan gap yang terlihat, dan mengurangi input lag.

Layar tingkat IPS juga dikalibrasi di pabrik untuk memenuhi persyaratan validasi Pantone yang ketat. Proses ini menjamin keakuratan warna, memberikan para kreator konten warna yang mereka butuhkan dan memungkinkan gamer untuk mengalami tampilan grafis seperti yang diinginkan oleh para pengembang game yang bersangkutan.

GPU dan CPU Generasi Berikutnya

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE mendukung refresh rate yang tinggi dengan GPU GeForce RTX.

CPU AMD Ryzen™ 9 menghadirkan pengalaman gaming laptop yang lebih imersif, dan juga mendukung pekerjaan serius seperti rendering 3D, pembuatan konten, dan multitasking intensif.

Dual NVM Express® PCIe® x4 SSD berjalan dalam RAID 0 demi menyediakan penyimpanan hingga 2TB untuk perpustakaan game yang lebih besar dan portofolio profesional penggunanya. CPU Ryzen memungkinkan kedua drive untuk terhubung langsung ke prosesor tanpa berbagi bandwidth, memungkinkan kecepatan transfer yang luar biasa tinggi.

Zephyrus Duo 15 SE juga menggunakan 6 phase design untuk CPU dan 7 phase design untuk GPU demi memastikan kestabilan saat bekerja pada performa penuh, khususnya saat gaming ataupun rendering.

Dengan gabungan memori onboard dan SO-DIMM hingga 32GB, ada cukup banyak kapasitas RAM DDR4-3200 untuk mendukung multitasking di beberapa layar. Pengguna memiliki kebebasan untuk menyiarkan streaming berkualitas tinggi saat menjalankan software komunikasi, mengerjakan datasheet dan proyek besar, dan untuk membuka tab browser sebanyak yang diperlukan tanpa terjadi delay.

Pendinginan yang Inovatif

Prosesor kelas atas hanya akan mengeluarkan seluruh potensinya saat temperatur memungkinkan. Artinya, menempatkan prosesor seperti ini di dalam sistem yang tipis tentunya merupakan tantangan besar.

Untuk itu, ROG mendesain ulang pendinginan laptop ultra-tipis di seri ROG Zephyrus, yang Active Aerodynamic System (AAS)-nya mampu meningkatkan aliran udara dengan menyediakan intake sebesar 7 sampai 10 milimeter di bagian bawah laptop saat pengguna membuka laptopnya.

Pada ROG Zephyrus Duo 15 versi awal, layar sentuhnya mengangkat sehingga intake yang lebih besar yakni 28,5 milimeter membuat kipas bisa menghisap udara dingin dari atas laptop, bukan udara hangat dari bawahnya. Pendinginan model ini meningkatkan aliran udara hingga 30% lebih baik dibanding desain AAS sebelumnya, hingga layak mendapatkan sebutan AAS Plus.

Nah, Zephyrus Duo 15 SE ini mampu menghadirkan efisiensi pendinginan lebih lanjut dibandingkan dengan desain AAS Plus. Ia memungkinkan lebih banyak power dipasok ke prosesor tanpa perlu meningkatkan tingkat kebisingan.

Salah satu kunci dari peningkatan ini adalah desain Arc Flow baru dengan sirip-sirip dengan bentuk mutakhir yang mampu menggerakkan udara secara lebih senyap. Setiap kipas memiliki 84 buah sirip yang memiliki ketebalan berbeda dari pangkal hingga ujungnya, untuk meningkatkan aliran udara. Selain itu, sirip-siripnya pun diberi pola gelombang khusus yang meminimalisir turbulensi serta suara berisik.

Kipas ini merupakan kipas pertama yang dibuat dengan liquid-crystal polymer versi baru dari ROG yang memungkinkan sirip setipis 0,1 milimeter cukup tangguh untuk berputar pada RPM tinggi.

Kombinasi bentuk bilah yang baru dan sirip yang tipis meningkatkan perputaran air hingga 13% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan 0dB Technology, kipas akan mati total saat temperatur CPU dan GPU turun ke temperatur tertentu dan bekerja dalam mode operasi Silent. Ini membuat cooling benar-benar tidak bersuara saat bekerja dengan beban ringan.

Demi mendinginkan lebih lanjut, CPU dilapisi oleh liquid metal compound dari Thermal Grizzly, bukan menggunakan thermal paste biasa. Melapiskan material ini merupakan hal yang biasa dilakukan dengan tangan. Akan tetapi, pendekatan itu akan sulit dilakukan dalam produksi massal.

Untuk itu, ROG kemudian menciptakan perangkat custom untuk mengotomatisasi proses pengolesan liquid metal compound tersebut secara mekanis dengan tingkat presisi yang tinggi, dan mendesain penampun khusus untuk menyimpan compound.

Untuk 2021 ini, ROG telah meng-update proses pengolesan compound tersebut ke laptop dengan prosesor AMD dan menambahkan langkah khusus untuk melindungi komponen di prosesor. Menggunakan liquid metal untuk mengakselerasi pelepasan panas dari chip terbaru AMD tersebut menyediakan keleluasaan untuk mode operasi yang berbeda, menurunkan tingkat kebisingan, menurunkan temperatur ataupun meningkatkan performa.

Lima buah heatpipe pada modul pendinginan mengalihkan energi panas jauh-jauh dari CPU, GPU, VRAM dan juga VRM. Ia mendistribusikan panas ke empat heatsink yang dipenuhi oleh sirip ultra tipis yang memaksimalkan area untuk pelepasan panas, sekaligus mengurangi hambatan pada aliran udara.

Secara total, ada 222 buah sirip heatsink yang memenuhi area seluas 112, 357mm² yang bahkan lebih luas dibandingkan dengan Zephyrus Duo 15 original.

Kebutuhan untuk cooling juga berubah berdasarkan tugas-tugas yang sedang dilakukan. Untuk itu, ROG menawarkan beberapa pilihan mode yang bisa dipakai untuk berbagai situasi.

Mode Silent memperlambat putaran kipas untuk menjaga kebisingan tetap rendah, dan sangat ideal untuk tugas sehari-hari. Performance mode menyediakan daya yang cukup untuk mencapai frame rate tinggi yang dibutuhkan di dalam game tanpa perlu mengalami kebisingan yang berlebih. Adapun mode Turbo memungkinkan CPU mendapatkan performa puncak untuk mencapai kecepatan yang tinggi, namun tentunya dengan suara kipas yang lebih terdengar.

Pengguna bisa beralih antar mode operasi secara manual dengan shortcut keyboard, atau menggunakan Scenario Profile otomatis. Hadir pada perangkat khas ROG Armoury Crate, Scenario Profile memungkinkan pengguna mengatur tiap-tiap aplikasi dan game untuk mode operasi spesifik.

Tak hanya itu, efek pencahayaan dan setting lain pun bisa dikustomisasi berdasarkan game dan aplikasi.

Keyboard yang Akurat dan Nyaman

Komponen internal yang bertenaga terkadang membuat keyboard laptop menjadi terasa panas saat digunakan untuk bermain game dalam durasi panjang serta dalam load kerja yang berat. Zephyrus Duo 15 SE menggeser keyboard lebih dekat ke arah pengguna untuk menjaga tangan pengguna tetap jauh dari sumber panas di dalam mesin, sekaligus menyediakan ruang cukup untuk layar kedua.

Desain ini memungkinkan pengguna merebahkan pergelangan tangannya di meja, seperti halnya keyboard desktop serta pemasangan palm rest yang bisa dilepas demi meningkatkan kenyamanan pengguna. 

Sejumlah perbaikan dihadirkan pada area input utama, di bawah layar sentuh. Tombol-tombol hotkey dedicated disediakan untuk kontrol volume ataupun microphone dengan mudah. Sekelompok function keys terpisah juga ditempatkan untuk lebih mudah terlihat secara sepintas.

Teknologi ROG Overstroke menggeser trigger point dari switch-switch untuk menghasilkan response yang lebih cepat. Beberapa tombol dapat ditekan sekaligus dengan cepat berkat N-Key rollover yang mencatat setiap tekanan tombol secara akurat. Touchpad juga diposisikan di sebelah kanan serta dapat memancarkan numpad digital cukup hanya dengan satu sentuhan.

Meskipun numpad virtual tersebut hanya mampu memancarkan cahaya merah, keyboard-nya memiliki pencahayaan per-key yang sangat penting untuk menandai tombol perintah yang kritikal atau shortcut yang bisa menghemat waktu.

Pengguna bisa menandai tombol tertentu untuk bermain game, menyederhanakan proses kerja dan mengutak-atik pencahayaan cerah di seluruh ekosistem perangkat yang kompatibel dengan Aura Sync.

Portabel dan Bertenaga

Sebagai sebuah laptop gaming, Zephyrus Duo 15 SE merupakan laptop gaming yang spesial. Body-nya tipis hanya setebal 2,09 cm dan bobot hanya 2,4Kg. Ia terbuat dari bahan magnesium-aluminide, dengan all-metal chasis yang tangguh dan kokoh.

Sebuah baterai dengan kapasitas besar, yakni 90Wh menyediakan durasi masa aktif yang cukup panjang untuk ukuran sebuah laptop performa ultimate. Di sisi lain, teknologi fast-charging yang disediakan menawarkan pengisian ulang hingga 50 persen dalam waktu hanya 30 menit. Laptop juga mendukung pengisian ulang baterai lewat perangkat berbasis Type-C hingga kecepatan 100 watt.

Sebagai informasi, kemampuan untuk diisi ulang menggunakan powerbank USB akan melengkapi mobilitas pengguna dan meredam kebutuhan akan adanya outlet listrik.

Meskipun untuk mendapatkan performa maksimal laptop pengguna harus menjalankannya sambil disambungkan ke catu daya, namun charger jenis USB Type-C tentunya akan memudahkan pengguna yang juga harus membawa-bawa smartphone dengan port charging Type-C sehari-hari. Artinya, satu charger, bisa untuk berbagai perangkat.

Optimalkan Suara dan Saring Gangguan Kebisingan

Teknologi Dolby Atmos pada ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE menempatkan pengguna di pusat multimedia dengan 5.2.1-channel virtual surround sound. Jumlah speaker pada laptop pun telah naik dua kali lipat dibandingkan dengan Zephyrus Duo versi awal.

Kini, dua buah tweeter menembakkan suara tepat ke arah pengguna, sementara itu dual woofer akan memantulkan bass ke arah meja di bawah laptop.

Tak hanya itu, teknologi Smart Amp juga membuat woofer tetap berada dalam batasan suhu dan distorsi, yang pada akhirnya memungkinkan speaker melantunkan audio dengan volume tinggi. Sebuah port standar 3.5 milimeter juga tersedia untuk pengguna yang ingin memasangkan headphone ataupun headset.

Fungsi Advanced Two-Way AI Noise Cancelation meningkatkan kualitas voice chat dengan menghapuskan suara yang tak diinginkan baik dari input ataupun output audio. Fitur ini bisa diaplikasikan pada perangkat apapun dan bahkan dikustomisasi per aplikasi. Dengan demikian, noise-canceling bisa dibatasi ke aplikasi chat saja, tanpa mempengaruhi suara dalam game yang sangat penting.

Dengan teknologi ini, gamer bisa berkomunikasi secara lebih baik dengan rekan satu tim, creator bisa merekam audio lebih jernih pada berbagai kondisi, dan pengguna umum bisa menikmati pembicaraan yang lebih jelas.

Yang menarik, Two-Way AI Noise Cancelation juga sepenuhnya memanfaatkan performa CPU. Dengan demikian, GPU bisa fokus ke memaksimalkan tingkat frame rate demi pengalaman gaming yang sangat lancar.

Input Output Lengkap untuk Gaming on the Go

Konektivitas yang luas menjadikan ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE sebagai battlestation ataupun workstation serius. Port USB 3.2 Gen 2 yang tersedia mendukung DisplayPort 1.4 untuk monitor desktop dan sebuah port HDMI 2.0b yang sanggup memasok tampilan bagi layar 4K ataupun TV pada frame rate 60Hz.

Tiga port USB Type-A sanggup mengakomodasi periferal tambahan, misalnya mouse, gamepad dan perangkat VR. ASUS juga telah menambahkan slot microSD 4.0 yang sangat cepat, yang sanggup mentransfer data dengan kecepatan 312MBps sehingga pengguna bisa mengambil data-data footage dari smartphone, action cam, drone dan perangkat portabel lainnya.

ASUS juga menyediakan konektivitas nirkabel kecepatan tinggi dengan Wi-Fi 6 (Gig+) atau 802.11ax. Saat dikombinasikan dengan router yang kompatibel, ia bisa meningkatkan bandwidth interface puncak hingga 2.4Gbps dan sanggup meningkatkan efisiensi pada jaringan yang sangat padat.

Wi-Fi 6 juga menurunkan latency, yang mereduksi lag untuk aktivitas sensitif, misalnya online gaming. Tak hanya itu, ia juga meningkatkan kapasitas upstream, sehingga menyediakan bandwidth lebih untuk aktivitas livestreaming.

Untuk pengguna yang lebih memilih kabel, port Gigabit Ethernet yang tersedia di panel belakang body menawarkan latensi serendah mungkin, yang sangat bermanfaat khususnya saat pengguna betarung dalam lingkungan multiplayer gaming.

Berikut ini performa ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551) dengan Ryzen 7 5800H dan RTX 3060:

Main Spec.

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551)

CPU

AMD Ryzen 7 5800H, 8 core 16 thread, 16M Cache 3.2 up tp 4.4GHz

AMD Ryzen 9 5900HX, 8 core 16 thread, 16M Cache 3.3 up tp 4.6GHz

Operating System

Windows 10

Memory

8GB x2 / 16GB x 2 3200MHz DDR4 Memory

Storage

2 x M.2 SSD slot (NVMe® PCIe®), PCIe® 3.0 x4 1 TB, supports RAID 0

Display

Main Screen: 15.6” PANTONE® Validated

- 4K UHD IPS 120Hz, Adobe 100%, 3ms, non-touchscreen

- FHD IPS 300Hz, sRGB 100%, 3ms, non-touchscreen

 ScreenPad™ Plus: 14.09”

- UHD (3840 x 1100) IPS 60Hz, NTSC 72%, touchscreen

- FHD (1920x550) IPS 60Hz, NTSC 72%, touchscreen

Graphics

NVIDIA® GeForce® RTX 3060 with ROG Boost

NVIDIA® GeForce® RTX 3070 with ROG Boost

NVIDIA® GeForce® RTX 3080 with ROG Boost

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-C™, DisplayPort 1.4, TBT, PD input 20 V/3Aï¼›output 5 V/3A

1x USB 3.2 Gen 2 Type A (Bottom), 2x USB 3.2 Gen 2 Type A (right)

1x HDMI (HDMI 2.0b support), 1x Audio combo jack, 1x RJ45

1x MicroSD Cardreader (MicroSD 4.0, with Bus Speed 312MB/s)

Keyboard

Backlit chiclet keyboard, supports n-key, per-key with 1.4 mm key travel

Camera

1080p 60fps external webcam

Connectivity

2x2 multi-antenna WiFi 6 (802.11ax), Bluetooth® 5.0

Audio

4x speakers, High performance speaker support (down firing woofer*2, up firing tweeter*2, 2x4W with smart AMP), Dolby Atmos, support LPAP, Hi-Res Audio (HRA) Certification, Microsoft Cortana (far-field mic array), Two-Way AI Noise Cancelation

Battery

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Power Supply

240W power adaptor

Supports USB-C™ Power Delivery 3.0 up to 100W

Dimension

36 x 26.8 x 2.1cm

Weight

2.4kg

Colors

Gray

Price

Rp35.999.000 (Ryzen 7, RTX 3060, 16GB RAM)

Rp50.999.000 (Ryzen 9, RTX 3070, 32GB RAM)

Rp70.999.000 (Ryzen 9, RTX 3080, 32GB RAM)

Warranty

2 tahun garansi global

 

Artikel Terkait