Nasional

Peringatan May Day, PTPN VI dan KSBSI Tanam Pohon

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 01/05/2021 16:59 WIB

PTPN VI dan KSBSI serta Pemerintah Provinsi dan Polda Jambi melakukan aksi tanam pohon bertempat di belakang kantor PTPN VI (Foto:Ist)

Jambi, INDONEWS.ID – Memperingati Hari Buruh Sedunia, atau May Day yang jatuh pada Sabtu, (1/5/21) pagi, PTPN VI dan KSBSI serta Pemerintah Provinsi dan Polda Jambi melakukan aksi tanam pohon bertempat di belakang kantor PTPN VI, Kota Baru Jambi yang sesuai tema Go Green yang diusung.

Direktur PTPN VI, Ichwan Achir beserta Sekretaris PTPN Achmedi turut dalam kegiatan. Pj Gubernur Jambi diwakili Kadis Nakertrans Provinsi, Bahari. Sementara Kapolda Jambi diwakili DirIntelkam dan Kapolresta Jambi ikut dalam kegiatan yang berlangsung hangat tersebut.

Peringatan May Day di PTPN VI yang beralamat Jl Lingkar Barat, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi juga dihadiri Dewan Pertukangan Nasional (DPN) Jambi, serta Area Manager Bogasari, Djokas Siburian.

PT Perkebunan Nusantara VI sendiri menyambut positif kegiatan tersebut. Direktur PTPN VI, menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya.

“Kegiatan positif dilakukan di masa pandemi ini dengan kegiatan penanaman pohon secara simbolis,”ungkapnya.

Korwil SBSI Provinsi Jambi, Roida Pane dalam sambutannya mengurai dampak pandemi. Tahun kedua penyebaran virus corona, membuat May Day harus terbatas.

Meski begitu, Ia mengapresiasi PTPN VI memberikan tempat untuk penanaman pohon.

“Biasanya dengan budaya pergerakan, seperti unjuk rasa turun ke jalan dan lain sebagainya. Namun kali ini kita dalam keadaan prihatin di masa pandemi,” ungkapnya.

Mengangkat tema "Go Green", Roida bilang karena perubahan iklim semakin mengancam dunia dimana suhu terus naik. Inilah yang membuat mereka mendorong penanaman pohon.

Dampak pandemi tahun kedua ini mulai terasa. Ekonomi yang lesu berdampak pada dunia usaha dan efeknya pada buruh.

"KSBSI masih akan tetap menyoroti untuk menaikkan UMP ke depannya dan sampai saat ini buruh terbesar di Provinsi Jambi bekerja di sektor perusahaan perkebunan, selain perhotelan dan lainnya," katanya.

Sementara Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Jambi, Bahari menyampaikan terima kasih para hadirin yang telah hadir. Ia mengapresiasi pengusaha, buruh dan para pekerja yang senantiasa menerapkan K3.

Kegiatan kemudian berlangsung dengan penanaman pohon. Direktur PTP Nusantara VI, Ichwan Achir mengawali penanaman pohon. Selanjutnya, KSBSI dan Forkopimda turut menanam pohon.*(Erwin Majam).

Artikel Terkait