Daerah

Bupati Eka Putra Apresiasi LKP Palapa Komputer

Oleh : luska - Kamis, 27/05/2021 09:01 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID ---- Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan aspresiasi atas terlaksananya  kegiatan Pengimbasan  Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) yang diselenggarakan oleh LKP (Lembaga Kursus dan Pendidikan) Palapa Komputer Batusangkar

Hal itu disampaikan Bupati waktu membuka  kegiatan Pengimbasan Baik Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) yang diselenggarakan  LKP (Lembaga Kursus dan Pendidikan) Palapa Komputer Batusangkar, dan juga dihadiri  dihadiri  Direktur Binsuslat Kemendikbud RI diwakili Hendi Gunadi dan Badrutaman dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Riswandi dengan peserta pimpinan LKP, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dan SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) dari 7 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Menurutnya  Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) adalah program bantuan pemerintah melalui Kementerian Pendiddikan dan Kebudayaan RI yang bertujuan untuk mengentaskan pengangguran dengan diberikan dana stimulus dalam bentuk pelatihan kepada masyarakat. Untuk itu diharapkan bagi peserta yang telah mendapatkan pelatihan bisa menambah keterampilan mereka sehingga pada akhirnya bisa memperoleh pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan.

“Kami apresiasi, LKP Palapa Komputer Batusangkar menjadi satu dari 30 LKP se-Indonesia untuk menyelenggarakan pengimbas program PKK tahun 2021 ini. Ini sebuah penghargaan yang sangat luar biasa, LKP Palapa Komputer dinilai sebagai salah satu lembaga kursus dan pelatihan yang telah berstandar Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dijadikan contoh sekaligus dijadikan pengimbas bagi lembaga kursus sejenis dalam pelaksanaan program pendidikan kecakapan kerja tahun 2021 ini,” u

Lebih lanjut Bupati menyebutkan Pemda menyambut baik kegiatan ini, karena hal ini dinilai dapat membantu masyarakat mendapatkan ilmu pengetahuan dan menjadi jalan bagi para pencari kerja sebagai modal dalam memasuki dunia usaha.

“Kami apresiasi, karena ini sekaligus membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, dan kami mengharapkan kepada para peserta pengimbasan baik program PKK dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan hasil yang maksimal,” 

Sebelumnya Direktur LKP Palapa Komputer Zulkifli Bahri mengatakan penyelenggaraan program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) ini dikontrol dan diawasi langsung oleh Kemendikbud RI melalui Direktorat  Kursus dan Pelatihan, dan penunjukan LKP Palapa Komputer Batusangkar dilakukan setelah melalui penilaian di mana LKP Palapa Komputer dalam pelaksanaan program PKK dianggap berhasil dan sukses sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Direktorat  Kursus dan Pelatihan.

Menurut Zulkifli pada tahun 2020 setidaknya ada 2.564 LKP yang mendapatkan paket program PKK yang disalurkan oleh Kemendikbud dan setelah dilakukan penilaian maka ditunjuk sebanyak 30 LKP yang dianggap mampu melaksanakan tersebut. dari 30 LKP se-Indonesia, dua dari Sumatera Barat, LKP Palapa Komputer Batusangkar dan IBTI Kota Bukittinggi.

“Jadi setelah dinilai berhasil oleh Kemendikbud, maka kami ditugaskan untuk menjalankan program yang sesuai dengan aturan dan ketentuan. Dan kepada kami juga diminta untuk berbagi pengalaman melalui kegiatan “Pengimbasan Baik Program Pendidikan Kecakapan Kerja (LKP)” kepada 30 LKP lainnya yang ada di Sumatera Barat secara tatap muka, dan juga secara daring disebarkan seluas mungkin bagi LKP yang juga ingin mengikutinya, karena pada situasi pandemi saat ini tidak mungkin mereka semua diundang untuk datang,” ujar Zulkifli.

“Kami atas nama LKP Palapa Komputer juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Kemendikbud RI atas kepercayaannya dan keberhasilan ini juga tidak terlepas dari dukungan Bapak Bupati dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” jelasnya. 

Khusus untuk tahun 2021 ini LKP Palapa Komputer juga sedang menjalankan progam PKK dengan 20 orang peserta pelatihan, di mana para peserta pelatihan ini nantinya akan mendapatkan pelatihan computer dan program magang tanpa biaya (gratis). Dan syarat menjadi peserta pelatihan adalah lulusan SMA sederajat yang belum bekerja dengan umur maksimal 23 tahun.

“Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) ini memang ditujukan bagi mereka-meraka para generasi muda yang tidak sedang kuliah atau sedang bekerja, sudah tamat sekolah tetapi belum memiliki pekerjaan dan keterampilan. Jadi mereka bisa mengikuti program ini secara gratis mulai dari mendaftar sampai tamat tanpa dipungut biaya sepeserpun (M.Datuk)

Loading...

Artikel Terkait