Nasional

Terus Berinovasi! SiCepat Ekspres Gandeng DMMX Kembangkan Platform Komersil Bantu 62 Juta UMKM Go-Digital

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 27/05/2021 18:59 WIB

Karyawan PT SiCepat Ekspres Indonesia (Foto: Dok. SiCepat)

Jakarta, INDONEWS.ID - Perusahaan jasa ekspedisi PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat Ekspres) telah menjalin kerja sama PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) dalam hal Digital Cloud advertising yang tersebar pada beberapa service points SiCepat. Kerjasama ini dilakukan guna memperkuat strategi kolaborasi digital marketing activities kedepannya.

Dalam kemitraan ini, SiCepat Ekspres melalui platform e-commerce enabler SiCepat Group, akan memberikan dukungan pengadaan pasokan grocerie dan raw materials kepada UMKM yang tergabung dalam jaringan DMMX. Aktivitas suplai tersebut akan didukug layanan logistik terintegrasi SiCepat Ekpress.

Sementara bersama DMMX, UMKM akan diberikan pengembangan e-commerce dan marketplace serta pemasangan digital marketing pada titik-titik UMKM tersebut.

CEO SiCepat Ekspres The Kim Hai berharap dengan berbagai layanan yang dimiliki oleh SiCepat dan DMMX yang semakin terintegrasi, pihaknya menjadi semakin optimis bahwa perusahaannya dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada program pemberdayaan UMKM Indonesia untuk Go Digital, yang saat ini jumlahnya mencapai 62 juta.

"Pada saat ini, siCepat sudah melakukan investasi kepemilikan 4.5% pada DMMX. Kami berencana untuk memperbesar kepemilikan pada DMMX guna semakin memperkuat sinergi tersebut,” kata The Kim Hai dalam keterangan tertulisnya Kamis (27/5/2021).

Sementara itu, Presiden Direktur PT Digital Mediatama Maxima Tbk, Budiasto Kusuma mengatakan DMMX, yang merupakan anak perusahaan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), Grup PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), bersama SiCepat akan memperkuat mitra UMKM di era digital yang semakin cepat.

Berbagai solusi yang diimplementasikan di antaranya, lanjut Budiasto Kusuma, adalah memperkuat layanan e-commerce dan marketplace serta digital cloud advertising dari DMMX.

"Ada potensi efek jaringan luar biasa yang dapat diwujudkan dari harmonisasi jaringan pemasaran DMMX dengan kemampuan logistik SiCepat," kata dia.

Hingga kini, ada 6 juta seller yang merupakan pelaku UMKM online di Indonesia menggunakan layanan SiCepat Ekspres, dan diprediksi akan tumbuh 35% pada akhir tahun 2021.

Sementara jaringan UMKM DMMX juga mengalami pertumbuhan pesat. Pada 2020 DMMX sudah melakukan digitalisasi pada 83.881 UMKM, atau tumbuh 67 % yoy dibanding 50.182 UMKM pada tahun 2019.*

Artikel Terkait