Daerah

BPKP Jambi Gelar Silaturahmi APIP se-Provinsi Jambi

Oleh : Mancik - Rabu, 09/06/2021 18:02 WIB

Silaturahim Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) se-Provinsi Jambi secara daring, bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jambi.

Jakarta, INDONEWS.ID - Perwakilan Jambi menggelar silaturahim Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) se-Provinsi Jambi secara daring, bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jambi. Selasa (8/6/2021).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperkuat kompetensi APIP yang dibungkus dalam Pra Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Daerah Provinsi Jambi (Rakorwasinkeubangda) Provinsi Jambi.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pemilihan dewan pengurus wilayah Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Provinsi Jambi periode 2021-2024.

Pemilihan kepala daerah secara serentak pada tanggal 9 Desember 2020 yang lalu telah menghasilkan pasangan kepala dan wakil kepala daerah baru akan diiringi dengan visi-misi dan program pembangunan yang juga baru, yang akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) maupun tahunan (RKPD) dan selanjutnya ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selama ini visi-misi Kepala Daerah tersebut tidak secara optimal diterjemahkan menjadi program maupun kegiatan dalam APBD yang dapat memberikan manfaat besar kepada masyarakat.

Hal tersebut berpotensi program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD menjadi tidak efektif, efisien dan selaras untuk mendukung pencapaian kinerja yang telah ditetapkan dalam visi-misi kepala daerah.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi dalam sambutannya menyampaikan, pada kesempatan ini, kami akan berbagi ilmu baru bagaimana kita melakukan evaluasi terhadap konsistensi antara RPJMD, RKPD dan program/kegiatan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) nya.

"Tujuannya adalah bagaimana kita mengawal sejak awal dan menghasilkan suatu program pembangunan maupun program untuk mensejahterakan rakyat yang fokus yang terprogram dan bersinergi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ungkapnya.


Perwakilan BPKP Provinsi Jambi sudah melaksanakan evaluasi perencanaan penganggaran pada 2 Kabupaten dan 1 Provinsi.

Prosesnya sudah dilalui dan saat ini tahapannya sampai pada input di aplikasi Siera yang nantinya akan disampaikan secara panel nasional oleh Kepala BPKP dan tim Perwakilan BPKP untuk menyimpulkan apakah suatu daerah sudah menyusun APBD tahun 2021 secara efektif dan efisien.

Acara ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menambah pengetahuan bagi kita semua dalam rangka melaksanakan tugas-tugas pengawasan, diantaranya pemaparan beberapa materi yang berguna bagi APIP yaitu teknik evaluasi antara perencanaan dan penganggaran.

Selain itu, pada kesempatan ini juga dilakukanpemilihan dewan pengurus wilayah AAIPI secara voting. Dari hasil voting menghasilkan Anggota Eksekutif Tetap dan Anggota Eksekutif Tidak Tetap.*

 

 

Artikel Terkait