Analisa Post Match Piala Eropa Skotlandia Kontra Ceko 0 - 2

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 15/06/2021 08:25 WIB

Pertandingan kedua Grup D antara Skotlandia vs Republik Ceko di ajang Euro 2020, Senin (14/06/21) pukul 20.00 WIB di Hampden Park.

Oleh: Syafri Adnan Baharudin, eks Dubes WTO dan Pengamat Bola

Bola, INDONEWS.ID -  Ceko bermain lebih cerdas dan efektif. Mereka melakukan 10 tembakan dan 7 diantaranya mengarah sasaran. Bandingkan dengan Skotlandia yang lebih banyak menembak-19 kali, namun ganya 4 yang mengarah sasaran. Skotlandia menguasai bola 58%, sementara Ceko hanya 42%.

Ceko lebih variatif dalam membangun serangan. Lapangan tengah jelas milik Ceko dengan Darida-Masoputs-Soucek. Striker utamanya-Patrik Schik dimanjakan oleh lini tengah Ceko.

Schik memborong dua gol kemenangan Ceko, dengan gol keduanya yang fenomenal yaitu tendangan melambung,  mengelabui Kiper lawan.

Skotlandia cenderung bermain monoton. Aura kapten-Robertson belum terasa, khususnya dalam menemukan pilihan tehnik menyerang. Scott Mc Tominay kurang bisa berfungsi sebagaimana di Manchester United. Lini depan, biasa2 saja. Tidak ada striker untuk mengeksekusi.

Hasil ini jelas memberikan motivasi Ceko dalam menatap calon lawan berikutnya Inggris dan Ukraina. Di sisi lain Skotlandia bisa dikatakan membuang kesempatan untuk tampil di babak selanjutnya. Ceko cukup bermain imbangsudah menambah potensi maju ke babak selanjutnya.*



Artikel Terkait