Hasil Piala Eropa 2021, Italia Vs Wales 1 - 0

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 21/06/2021 11:10 WIB

Match Grup A Piala Eropa Italia Kontra Swiss Vs Wales di Stadion Olympico, Roma

Oleh: Syafri Adnan Baharudin, eks Dubes WTO dan Pengamat Bola

Bola, INDONEWS.ID - Sesuai prediksi, Mancini menurunkan pemain cadangan bahkan sampai 8 orang. Tim inti yang bermain hanya Donnarumma, Bonucci, dan Jorginho. Lini depan malah diganti total dengan Bernadeschi-Belloti-Chiesa. 

Bisa dimaklumi, selain sudah pada posisi aman, juga untuk memberi kesempatan menit bermain kepada seluruh pemain. Hal ini berguna jika ada pemain inti yang cedera pada babak-babak selanjutnya. 

Sementara Wales yang juga sudah cukup aman untuk mengunci salah satu tiket ke babak selanjutnya, tetap menurunkan pemain inti, hanya dengan menggeser Ramsey (Juventus) menjadi ujung tombak, dari posisi gelandang serang kiri.

Italia sebagaimana biasa unggul dalam ball possesion. Lini pertahanan sangat disiplin, dibantu dengan gelandang yang memiliki naluri bertahan: Pessina-Jorginho-Veratti, sang play-maker.

Satu-satunya peluang berbahaya Wales diperoleh oleh Ramsey, namun karena terlambat sepersekian detik, ruang sudah ditutup oleh back Italia.

Italia memiliki cukup banyak peluang, hanya Chiesa dan Bernadeschi masih selalu terburu-buru. Praktis hanya Belotti yang agak tenang namun belum beruntung.

Gol Italia lahir dari free-kick oleh Veratti. Dengan cerdas Veratti menendang ke arah gawang tidak terlalu keras dan langsung di sambut dengan sontekan ringan oleh Pessina. Set-piece yang cemerlang.

Babak kedua masih dikuasai Italia. PR buat Mancini, lini depan Italia belum mumpuni. Banyak peluang terbuang percuma.

Wales yang harus bermain dengan 10 orang, justru memperoleh kesempatan emas oleh Bale-yang terlepas dari kawalan ketat Bastoni, namun tendangan first-time Bale kurang terarah.

Italia yang menurunkan hampir semua tim cadangan termasuk kiper Sirigu terlihat cukup puas dengan mempertahankan rekor 11 kali kemenangan berturut tanpa kemasukan gol.

Sebagai juara grup A, Italia akan berhadapan dengan runner-up grup C, kemungkinan Ukraina atau Austris. Sementara Wales sebagai runner-up grup A akan berhadapan dengan runner-up grup B, kemungkinan Rusia atau Finlandia.

 

 

Artikel Terkait