Nasional

Peringati HUT GK Center, Presiden Jokowi: Belum Waktunya Larut dalam Polemik Dukung-Mendukung Capres

Oleh : very - Kamis, 24/06/2021 14:34 WIB

Presiden Joko Widodo dalam acara peringatan hari jadi ke-9 Galang Kemajuan (GK) Centeri yang dilangsungkan secara daring di Jakarta, Rabu (23/6). (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Galang Kemajuan (GK) Center menggelar peringatan hari jadi ke-9 yang dilangsungkan secara daring di Jakarta, Rabu (23/6).

Acara yang mengambil tema tentang “Pengarahan Menuju 2024 Menggalang Soliditas GK Indonesia, Galang Kemajuan Tegak Lurus Jokowi” itu dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Dr. Siti Nurbaya Bakar, yang juga salah satu Pembina GK, Menteri BUMN Erick Tohir, Ketua BKKBN Dr. Hasto Wardoyo, Direktur Utama Bank Swasta, Ahmad Fajar, Arta Djangkar, Dewan Ahli GK, Ketua GK Center, Kelik Wirawan dan para tokoh lainnya.

Dalam pengarahannya Presiden Jokowi meminta para relawan GK untuk bersabar, tidak tergesa-gesa terkait pencalonan Presiden 2024. “Para relawan GK saya minta untuk bersabar, jangan tergesa gesa, 2024 masih lama. Masih ada 3 tahun lagi. Kita harus tenang dulu. GK harus kalem, relawan perlu ngadem dulu, woles aja, jangan kesusu susu, jangan terseret arus kebisingan di luar,” kata Presiden Jokowi.

(Dr. Siti Nurbaya Bakar, salah satu Pembina GK. Foto: Ist)

Presiden Jokowi mengatakan bahwa ada waktunya nanti untuk membahas dan berdiskusi terkait pencalonan presiden tersebut. “Saat ini belum waktunya untuk larut dalam polemik dukung-mendukung capres, karena saat ini masalah yang lebih besar dan lebih penting dan menjadi perhatian kita adalah masalah covid 19. Mari kita fokus ke pandemi ini dulu,” ujarnya. 

Presiden Jokowi juga berharap relawan GK dapat membantu dan berkontribusi aktif untuk menyadarkan masyarakat agar bisa kembali berdisiplin mentaati protokol kesehatan serta ikut juga berpartisipasi membantu percepatan vaksinasi yang sedang dilakukan oleh Pemerintah. Hal tersebut agar  program vaksinasi dengan target mencapai herd immunity, kekebalan kelompok, kekebalan komunal, dapat segera terpenuhi.

Kedisiplinan pada protokol kesehatan dan suksesnya vaksinasi menghasilkan herd immunity, kata Presdien Jokowi, adalah 2 hal penting untuk menanggulangi krisis kesehatan yang sedang terjadi. “Jika masalah kesehatan dan keselatamatan rakyat ini teratasi maka kehidupan ekomoni akan segera pulih dan bisa tumbuh,” kata Presiden Jokowi.

(Menteri BUMN Erick Tohir. Foto: Ist)

Sementara itu, Dr. Siti Nurbaya Bakar, salah satu Pembina GK yang turut hadir dalam rekaman video, mengatakan, kesehatan merupakan modal dasar SDM, dan menjadi tolak ukur kesejahteraan rakyat.

“Presiden dan seluruh jajaran terus fokus dalam upaya pemulihan kesehatan, keseimbangan ekonomi nasional, melakukan penyesuaian pola kerja dengan lebih menggunakan teknologi,” ujar Siti.

Dia mengatakan, bahwa kinerja Pemerintah berdasarkan fakta survey menunjukkan pencapaian prestasi yang baik di bawah pemerintahan Presiden Jokowi yaitu dalam hal Pembangunan SDM; Pembagunan infrastruktur dan energi; Penyederhanaan reformasi regulasi secara struktural yaitu keberpihakan kepada masyarakat kecil dalam hal SDA.

“Oleh karena kita dihimbau untuk semantiasa mendukung program dan kegiatan pembangunan Bapak Presiden Jokowi dan seluruh jajaran Pemerintahan,” ujarnya.

Selanjutnya, Menteri BUMN Erick Tohir, yang juga hadir melalui siaran video mengatakan pemerintah fokus dalam penanganan pandemi, seperti Penerapan PSBB, Protokol kesehatan, Penyediaan jutaan vaksi, Obat murah untuk rakyat.

Erick juga menghimbau para pendukung Jokowi untuk tidak larut dengan issue Pilpres 2024. “Tetap  Fokus dengan kinerja pemerintah yang positif, bergotong-royong dan bahu-membahu untuk Indonesia Maju,” ujarnya.

(Ketua Umum GK Center Kelik Wirawan. Foto: Ist

Selain itu, Menteri Erick juga mengharapkan para relawan GK Centeri untuk terus mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi dan sosial, mengajak masyarakat untuk membeli produk lokal & UMKM dan yang terakhir fokus dengan kerja Presiden dan mensosialisasikan pencapaian Presiden dan kabinetnya.

Ketua Umum GK Center Kelik Wirawan mengajak seluruh relawan maupun masyarakat agar tetap fokus pada penangangan pandemi, mengelola keseimbangan, dan kehidupan ekonomi masyarakat terus berjalan.

Acara berikutnya disambung dengan Webinar. Dihadiri oleh sahabat GK baik dari dalam maupun luar negeri, webinar tersebut berlangsung dalam suasana yang akab dan yang disertai sesi tanya jawab.

Direktur Utama Bank Swasta, Ahmad Fajar, didapuk sebagai moderator, dan Arta Djangkar, Dewan Ahli GK sebagai pembicara. Tampak juga Dr. Hasto Wardoyo, Ketua BKKBN turut serta hadir dalam webinar tersebut.

Dari pengarahan maupun webinar tersebut dapat diambil benang merah yaitu agar relawan GK Center tidak ikut larut dalam polemik capres  2024, maupun wacana Presiden 3 periode. Selanjutnya meminta seluruh relawan GK Center untuk terus mendukung Pemerintah agar lebih giat dan mengingatkan semua masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan dan membantu percepatan vaksin. (Very)

Artikel Terkait