Nasional

Kunci Melawan Wabah Radikalisme adalah Solidaritas Antar Sesama

Oleh : very - Kamis, 15/07/2021 22:30 WIB

Pendakwah millenial dan Penulis Indonesia, Habib Husein Ja’far Al Hadar, S.Fil.I., M.Ag.,. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Saat ini Indonesia sedang menghadapi satu wabah yang juga adalah teror bagi kita yaitu Covid-19. Hasil pembelajaran selama kurang lebih hampir 2 tahun ini, kunci untuk melawan teror wabah ini adalah solidaritas diantara kita untuk saling membantu dan saling mengingatkan satu sama lain. Tidak terkecuali juga wabah radikalisme juga memiliki solusi yang sama untuk mengatasinya.

Pendakwah millenial dan Penulis Indonesia, Habib Husein Ja’far Al Hadar, S.Fil.I., M.Ag., mengatakan bahwa wabah virus radikalisme dan terorisme tidak kalah berbahayanya dengan virus Covid-19 dan kunci untuk mengalahkannya adalah solidaritas diantara sesama.

“Di tengah wabah Covid-19 seperti saat ini, justru gerakan-gerakan terorisme secara sunyi dan senyap bisa melakukan koordinasi atau bahkan ancaman ancaman yang serius. Karena itu kita harus tetap waspada dengan terus melakukan berbagai upaya-upaya kontra terhadap radikalisme dan terorisme,” ujar Habib Husein Ja’far Al Hadar di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Sehingga menurutnya, sudah sepatutnya untuk menggalang solidaritas saat ini bukan hanya terhadap teror wabah virus Covid-19 tetapi juga teror virus radikalisme dan ekstrimisme yang selama ini terus mengancam di sekitar kita. Karena menurutnya, kelompok radikal dan intoleran ini melakukan paparan kepada masyarakat dengan memasukkan paham radikalisme dan ekstrimisme.

“Maka kuncinya adalah memapar balik mereka dengan konten-konten yang anti pada radikalisme dan terorisme ataupun ekstrimisme melalui konten-konten toleransi, konten-konten perdamaian dan lain sebagainya,” tutur pria yang akrab disapa Habib Ja’far ini seperti dikutip dari siaran pers Pusat Media Damai (PMD) BNPT.

Dirinya meyakini bahwa kelompok moderat yang ada saat ini pasti akan menang. Karena pada dasarnya manusia itu diciptakan dengan penuh cinta. Menurut Habib Ja’far, kuncinya adalah memapar masyarakat dengan konten-konten toleran dari contoh kegiatan sehari-hari.

“Misalnya kalian punya teman yang non muslim, lalu kalian foto bareng atau bikin video bareng lalu disebarkan di media sosial,” terangnya.

Pria kelahiran Bondowoso, 21 Juni 1988 ini menyebutkan bahwa semua pihak harus bersama-sama share konten-konten yang sudah ada tentang toleransi sampai pada titik tertentu. Titik tersebut yaitu ketika suatu hari ada foto seorang pendeta berjalan dengan seorang Ustaz maka tidak lagi viral karena itu bukan sesuatu yang luar biasa. Justru menjadi hal yang biasa sekali karena mereka telah melihat perbedaan sebagai toleransi dan penuh perdamaian.

“Kalau masih ada foto-foto toleransi yang masih viral, disatu sisi kita sedih karena toleransi masih dianggap sesuatu yang luar biasa. Apalagi kita tahu bahwa kelompok toleran ini mayoritas sebenarnya di Indonesia, namun mereka masih silent,” ucap lulusan Magister Tafsir Qur’an dari  Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah  Jakarta ini.

Ia mengajak agar semua pihak bersama-sama memenuhi media sosial dengan konten-konten yang toleran. Tidak harus yang ribet, tidak  harus pakai HP yang canggih. Karena menurutnya, kalau kita bicara vaksinnya, maka itu adalah metode penyebarannya, ibarat vaksin Covid-19 ini adalah suntikannya, yang mana isi dari suntikan tersebut adalah ideologi yang moderat.

“Oleh  karena itu vaksinnya adalah vaksin ideologi tentang persatuan, perdamaian, toleransi, cinta kasih dan lain sebagainya. Itu yang seharusnya disuntikkan,” jelas Habib Ja’far.

Selain itu, Habib Ja’far mengungkapkan bahwa sebetulnya para pemuka agama, pemerintah serta organisasi keagamaan dapat turut serta melakukan vaksinasi terhadap virus radikalisme. Karena mereka memiliki semua infrastruktur sampai tingkat yang paling bawah. Ia mencontohkan NU, Muhammadiyah ataupun Robito Alawiyah yang memiliki cabang sampai ranting, minimal sampai tingkat Kabupaten/Kota.

“Maka gunakan semua infrastruktur yang ada itu untuk kemudian menyebarkan nilai-nilai ideologi yang pro-NKRI, yang pro kepada keberagamaan yang morderat dan Cinta Damai,” pungkasnya. (*)

 

Artikel Terkait