Nasional

Pesan Ketua Dewas, Rildo Ananda Anwar di HUT ke-47 Perum Perumnas

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 18/07/2021 11:30 WIB

Ketua Dewas, Rildo Ananda Anwar (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Hari ini, Minggu (18/7/21), Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional atau yang disingkat Perum Perumnas merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-47.

Perusahaan yang merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang perumahan dan permukiman ini didirikan pada 18 Juli 1974 silam.

Kini, perusahaan pelat merah yang fokus membantu menyediakan hunian yang layak dan sehta bagi masyarakat Indonesia ini telah melaksanakan pembangunan perumahan dan permukiman lebih kurang 400 lokasi di Indonesia dengan total 500.000 unit rumah.

Di usianya yang ke-47 tahun ini, Perumnas terus berkomitmen untuk menjadi pengembang permukiman dan perumahan rakyat terpercaya di Indonesia. Serta terus berinovasi dalam menyediakan hunian yang terjangkau dan berkualitas bagi keluarga Indonesia.

Mewakili Dewan Pengawas (Dewas), Ketua Dewas Perum Perumnas, Rildo Ananda Anwar menyampaikan selamat ulang tahun kepada Perum Perumnas yang merayakan hari jadi yang ke-47.

"Selamat Ulang Tahun Perumnas ke-47 tahun. Semoga insan Perumnas diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan tugas untuk mengawal dan memajukan perusahaan agar lebih baik ke depannya. Bismillah," kata Rildo Ananda Anwar dalam keterangan tertulis kepada media ini, Minggu (18/7/21) pagi.

Mantan Irjen PUPR ini berharap semoga di usianya yang memasuki setengah abad ini, Tuhan memberikan Perum Perumnas kemudahan untuk bangkit dan maju sebagai salah satu entitas BUMN terkemuka di Indonesia dalam bidang pembangunan perumahan dan perkotaan.

"Semoga Allah SWT lebih banyak lagi memberikan kemudahan kepada Perum Perumnas untuk bangkit dan maju sebagai BUMN terkemuka di bidang pembangunan perumahan dan Perkotaan," harap sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Olahraga Tenis atau PELTI ini.

Selain itu, Rildo Anwar juga berharap Perum Perumnas dapat menunaikan tugas sebagai satu-satunya BUMN yang berperan sebagai prime mover dalam pemenuhan kebutuhan perumahan dan lingkungan hunian bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR.

"Semoga Perum Perumnas juga berperan sebagai prime mover dalam pemenuhan kebutuhan perumahan dan lingkungan lunian bagi MBR. Aamiin Yaa Rabbal`aalamiin🤲," tambah sosok yang sukses meraih dua gelar doktor dari dua universitas ternama sekaligus yakni Universitas Padjadjaran Bandung (Unpad) dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta (UGM) pada tahun 2009 lalu ini.

Perum Perumnas, lanjut Rildo Ananda Anwar, adalah perusahaan pelat merah nomor satu yang terus berkomitmen membangun rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah(MBR). Perum Perumnas berkomitmen agar seluruh masyarakat dapat menghuni di rumah yang layak huni.

"Perumnas membangun rumah utk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), supaya seluruh masyarakat dapat menghuni di rumah yang layak huni," kata alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini.

Rildo Ananda Anwar

Ketika ditunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir pada 2020 lalu sebagai Ketua Dewan Pengawas Perum Perumnas, Rildo Ananda Anwar dengan tegas mengatakan bahwa menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) adalah tugas pemerintah.

“Menyediakan rumah bagi MBR adalah tugas dari Pemerintah, kriterianya ada. Kita kembali ke khitah (tujuan) pendirian Perumnas, yakni untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” ujarnya.

Mengutip laman remis Perumnas di perumnas.co.id, Ketua Dewan Pengawas Perum Perumnas, Dr. Rildo Ananda Anwar diketahui lahir di Jakarta pada 17 April 1958.

Mantan petenis nasional ini menamatkan Pendidikan Sarjana Hukum Pidana di Universitas Indonesia pada tahun 1983.

Selanjutnya, Rildo Ananda Anwar menempuh Magister Ilmu Hukum di Universitas Indonesia pada tahun 2002.

Sementara gelar doktoral (S3) diperolehnya dari dua univeristas terkemuka di Indonesia yakni Ilmu Hukum Bidang Agraria diperolehnya dari Univeristas Gajah Mada tahun 2009 dan S3 Ilmu Hukum Bidang Tata Negara di Universitas Padjajaran tahun 2009.

Saat ini, selain menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas, Rildo Ananda Anwar juga menjabat sebagai Auditor Ahli Utama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Di samping itu, Ia juga tercatat menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Lapangan Seluruh Indonesia (PP PELTI) periode 2017-2022.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2015-2018)

Juga tercatat pernah didapuk sebagai Ketua Dewan Pengawas di Bapertarum-PNS melalui Keputusan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 79 Tahun 2014.

(Foto: Ki-Ka) Rildo Anwar, Rina Agustin, Asri Hadi berteman sejak dari SMP 13 Jakarta

Jabatan-jabatan terdahulu, Rildo tercatat pernah menjadi Sekretaris Menteri Perumahan Rakyat (PR).

Setelah Kementerian PR bergabung dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU), dia didapuk sebagai Inspektur Jenderal Kementerian PUPR.

Sebelumnya, pria berkacamata ini pernah menjadi Sekretaris Menteri Sekretaris Negara pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Salah satunya sahabat Rildo Anwan, Pemimpin Redaksi INDONEWS.ID, Drs. Asri Hadi ikut menyampaikan dirgahayu kepada Perum Perumnas ke-47.

Asri Hadi menyakini di bawah pengawasan yang dipimpin oleh Rildo Anwar, Perum Perumnas akan menjadi perusahaan BUMN yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat ke depannya.

"Dirghayu ke-47 bagi Perum Perumnas. Semoga di bawah kepemimpinan pak Rildo dalam memberikan pengawasan dan masukan pada Perum Perumnas, perusahaan ini akan menjadi berkah bagi masyarakat Indonesia ke depannya," ucap Asri Hadi di Jakarta, Minggu (18/7/21).*(Rikard Djegadut).

Loading...

Artikel Terkait