Daerah

Bupati Awoitauw Beberkan Reaksi Masyarakat Jayapura Soal Pergelaran PON XX Papua Mendatang

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 26/07/2021 11:45 WIB

Penampakkan Stadion Lukas Enembe, Papua (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menuturkan masyarakat Jayapura menyambut baik penyelenggaraan PON XX di Papua yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Menurut Awoitauw, pihaknya pun semaksimal mungkin akan menjadi tuan rumah yang baik. Hal ini pun dilakukan dengan menggencarkan program vaksinasi untuk masyarakat Jayapura, khususnya mereka yang tinggal di sekitar arena.

Ia menambahkan, sudah hampir 50 persen masyarakat telah mengikuti vaksinasi. Ditargetkan 100 persen masyarakat telah mendapatkan vaksinasi pada akhir Juli 2021.

Ini menjadi momentum yang bagus bagi Papua menyambut PON pada Oktober mendatang, dan vaksinasi juga merupakan perintah Presiden RI bahwa semua orang yang terlibat dalam PON wajib divaksinasi.

Pihaknya pun menargetkan penyelenggaraan PON XX bisa berjalan dengan sukses. Termasuk sukses dalam bidang prestasi, ekonomi dan administrasi.
Selain itu, pihaknya pun berharap PON XX bebas dari COVID-19. Agar semua orang yang datang dan pulang dalam keadaan sehat.

Kabupaten Jayapura Siapkan Dua Venue

Kementerian PUPR pun telah membangun delapan venue untuk pertandingan PON XX di Papua. Termasuk membangun segala infrastruktur penunjang lainnya.

Selain venue-venue yang dibangun oleh Kementerian PUPR, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menyatakan, pihaknya pun telah membangun dua venue untuk mendukung pertandingan olahraga pada PON XX.

"Kami Kabupaten Jayapura membangun dua venue juga ada Stadion Barnabas Youwe yang siap akan digunakan, tapi juga ada Gelanggang Olahraga (GOR) itu namanya Habel Melkias Suwae (HMS). Itu semua ada di Kota Sentani. Jadi itu juga sudah siap digunakan untuk kepentingan PON nanti," kata Mathius Awoitauw dalam acara Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) bertajuk "Venue Kelas Dunia PON XX Papua" pada Sabtu (24/7/2021).

Kedua fasilitas itu dibangun dengan menggunakan dana APBD Kabupaten Jayapura. Kedua venue ini telah rampung dibangun dan tinggal hanya tahap pengecekan terakhir agar siap digunakan.

Kegiatan FMB9 juga bisa diikuti secara langsung di FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube). (FMB9/JOHN/VR/TR)

Artikel Terkait