Nasional

Biarawati dan Biarawan Indonesia meriahkan Perayaan HUT RI yang ke-76 di Havana, Kuba

Oleh : luska - Rabu, 18/08/2021 07:20 WIB

Kuba, INDONEWS.ID - Pandemi Covid-19 yang melanda saat ini tidak menjadi alasan perayaan HUT RI yang ke-76 berjalan dengan tidak khidmat dan semarak. Yang menarik dari perayaan tersebut adalah kehadiran biarawati dan biarawan Indonesia yang membantu masyarakat kecil di Kuba. Dengan segala keterbatasan yang ada, perayaan HUT RI di Havana justru meriah penuh suasana kekeluargaan dan persahabatan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. 

Pada upacara pengibaran bendera merah putih yang juga dilakukan secara virtual, Nana Yuliana PhD, Dubes RI untuk Kuba merangkap Bahamas, Haiti, Jamaika, dan Republika Dominikana, bertindak sebagai pembina upacara dan dihadiri oleh semua Home Staff dan Local Staff KBRI Havana. 

Sementara itu, untuk para WNI yang berada di 4 negara rangkapan juga dapat mengikuti prosesi upacara pengibaran bendera merah putih secara virtual melalui Zoom. Perayaan HUT RI ini  merupakan bentuk pembinaan masyarakat WNI dari KBRI Havana sekaligus kesempatan langka untuk berkumpul dan menjaga silahturahmi di antara sesama WNI.

Kebijakan Kuba yang sudah memperbolehkan warganya untuk berkumpul dalam jumlah terbatas membuka kesempatan bagi KBRI Havana untuk menyelenggarakan serangkaian kegiatan hingga menuju puncak perayaan sesuai dengan prokes yang ditetapkan oleh pemerintah Kuba. Kegiatan tersebut antara lain dengan lomba-lomba khas Indonesia seperti gaple, ping-pong, dan bulutangkis. 

Pada acara perayaan HUT RI di Havana juga dilakukan doa bersama untuk Indonesia, pemotongan kue bernuansa merah putih, pengumuman pemenang lomba, acara hiburan yang menghadirkan tarian dan lagu-lagu khas Indonesia baik dangdut maupun lagu-lagu pop daerah, serta ramah tamah yang menyajikan makanan khas Indonesia seperti nasi uduk, telur balado, empal, ayam goreng kuning, dan semur tahu. 

Sebagai puncak perayaan HUT RI di Kuba, KBRI Havana akan menyelenggarakan acara Silahturahmi Kemerdekaan Virtual Masyarakat Indonesia dengan Dubes Nana Yuliana melalui Zoom pada 17 Agustus 2021 pukul 18.00 waktu setempat. Diharapkan semua WNI yang ada di negara akreditasi maupun rangkapan KBRI Havana dapat ikut berpartisipasi. (Lka)

 

Artikel Terkait