Gaya Hidup

RS Metropolitan Medical Centre Jakarta Ajak Ratusan Ibu Hamil Ikuti Virtual Maternity Yoga

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 18/08/2021 20:10 WIB

RS Metropolitan Medical Centre gelar Maternity Yoga pada Selasa pagi, 17 Agustus 2021 (foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk pertama kalinya, sebuah rumah sakit di Indonesia menyelenggarakan acara virtual streaming yang dipersembahkan RS Metropolitan Medical Centre bagi ratusan ibu hamil di seluruh Indonesia, untuk meningkatkan kualitas kehamilan melalui Maternity Yoga pada Selasa pagi, 17 Agustus 2021.

Tercatat lebih dari 100 peserta ibu hamil mengikuti yoga kehamilan ini baik melalui platform Zoom, Instagram Live, serta Youtube Live Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, yang dipandu langsung oleh instruktur bersertifikat Rere Soraya.

Dalam situasi pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) lanjutan tidak menghalangi semangat para ibu untuk mengikuti Virtual Maternity Yoga dengan tetap di rumah saja. Melihat banyaknya manfaat yang diberikan dari Maternity Yoga menjadi tujuan dari para ibu untuk bergabung dan melakukan yoga bersama dan serentak.

Ini adalah salah satu bentuk olahraga yang memang direkomendasikan baik untuk melatih fisik juga emosi para ibu yang dalam kehamilannya mengalami banyak perubahan secara hormonal dan emosional.

“Gerakan yoga didesain untuk mengakomodir perubahan-perubahan yang terjadi pada ibu hamil, hingga melatih otot sekitar panggul dan dipersiapkan untuk memperlancar persalinan. Pada prenatal yoga dapat membantu mengurangi keluhan-keluhan selama kehamilan, seperti sakit pinggang dan sakit punggung.”

Demikian tutur dr. Kencana Shinta Moser, Sp.OG, dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre.

Pada gerakan yoga diajarkan berbagai teknik-teknik yang dapat bermanfaat bagi ibu dalam mempersiapkan persalinan. Termasuk teknik pernapasan sangat penting, agar ibu dapat memiliki nafas yang baik, kemudian dapat menguasai emosi dan tubuhnya sendiri. Sehingga dari pernapasan yang baik, maka asupan oksigen ke bayi pun akan baik juga.

“Pada saat yoga, dimulai dengan latihan pernapasan atau disebut Pranayama. Kemudian diakhiri dengan latihan relaksasi atau Savasana (yang) diajarkan bagaimana membuat diri kita rileks,” lanjut dr. Shinta menjelaskan manfaat Maternity atau Prenatal Yoga.

“Karena emosi yang seperti jet-coaster, apalagi sekarang lagi situasi pandemi ini, kalau ibunya cemas, bayinya pun bisa ikut cemas. Di (kehamilan) setelah 6 bulan, bayi dapat merasakan kecemasan ibu. Jadi tolong dijaga selama kehamilan, emosi dari ibu, sehingga kesehatan ibu dan bayi akan baik.”

Peningkatan Kualitas Kehamilan Hingga Bersalin

Sebagai rumah sakit pertama yang mengadakan Virtual Maternity Yoga secara serentak di berbagai platform, Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre mengutamakan peningkatan

kualitas kesehatan dan kenyamanan ibu dalam menjalani kehamilan dan persalinan melalui berbagai edukasi, dengan menggunakan berbagai media.

“Yoga bukan cuma baik untuk tubuh, tapi untuk mental dan spiritual. dengan yoga rutin bisa lebih tenang, rileks, bisa lebih sabar. Contoh dari satu gerakan atau satu pose kan kita fokus ke nafas. dengan tarik napas perlahan, keluarkan perlahan, (itu) melatih fokus agar kita lebih tenang. Dan otomatis kalau dilakukan rutin seminggu dua kali, tiga kali, lama-lama akan menjadi kebiasaan. Segala sesuatu dari kebiasaan bisa membuat otak kita terekam dan menjadi lebih tenang, fokus dan rileks. Itu akan terbawa ke kehidupan sehari-hari. Begitu pengalaman saya dan teman-teman yang biasa ikut yoga ya,” ujar Rere Soraya.

Tak hanya itu, acara Virtual Maternity Yoga bersama Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre ini merupakan rangkaian acara peresmian poliklinik Obgyn terbaru RS MMC di lantai 7 yang disebut dengan area Green Zone, dimana lokasi poliklinik terpisah dengan poliklinik umum lainnya.

“Nah, selain peluncuran poli Obgyn terbaru ini, kita juga membuat program untuk MetroMoms, yaitu program MAMA. Kami juga memperhatikan kenyamanan dan pelayanan si ibu, supaya si ibu nyaman melahirkan di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre. Ini meliputi paket untuk melahirkan partus normal atau sectio caesarea, dengan perawatan kelas VIP, serta termasuk Sweet Escape Newborn Baby Photo, vaksin bayi dan bonus asuransi jiwa Ibu. Oleh karena itu, kami membuat acara Virtual Maternity Yoga untuk memperkenalkan poli Obgyn kami, paket MAMA, serta fungsinya ‘Maternity Yoga’ yaitu memperlancar kehamilan“ ucap dr. Sasha Hardjakusumah, MM., selaku Kepala Departemen Pemasaran RS MMC.*

Loading...

Artikel Terkait