Nasional

Seniman Indonesia Ikuti Pameran Bergengsi di Liechtenstein

Oleh : luska - Sabtu, 21/08/2021 07:05 WIB

Bern, INDONEWS.ID - Seniman Indonesia, Fauzi As'ad, menjadi salah satu peserta pameran Visarte Triennale di Liechtenstein pada tanggal 22 Agustus sampai tanggal 3 Oktober 2021. Fauzi berkesempatan mengusung tema “Me and the Others”, yang merupakan ilustrasinya sebagai seniman sekaligus diaspora. Perhelatan bergengsi yang diadakan setiap tiga tahun sekali serentak di beberapa museum di Liechtenstein ini memamerkan karya seni kontemporer dari seniman ternama di Eropa.

Meniti karir sebagai seniman yang melintasi dua benua, Eropa dan Asia, memperkaya variasi patung dan seni rupa yang dihasilkan tangan Fauzi. Salah satu karya yang akan dipamerkan pada Visarte Triennale juga menggambarkan campuran dua budaya, Eropa dan Asia, yang menjadi pengaruh utama karya-karyanya.

Pameran Fauzi sendiri akan berlangsung di DoMus, sebuah gedung pameran di kota Schaan, setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu selama dua bulan mendatang. Selain melangsungkan pameran, Fauzi juga berencana menyelenggarakan lokakarya pembuatan keramik dengan seniman Indonesia, Endang Lestari pada tanggal 25 September 2021. 

Duta Besar RI Bern, Muliaman D. Hadad, juga menyempatkan diri untuk melihat persiapan Fauzi sebelum pameran dibuka. Ini merupakan salah satu bentuk kerja sama bidang seni dan budaya antara Indonesia dengan Liechtenstein, yang akan terus dikembangkan di masa yang akan datang. “Antusiasme warga Liechtenstein pada karya seni kontemporer cukup tinggi, dan kami bangga salah satu orang Indonesia menjadi salah satu seniman yang diakui di sini”, ujar Muliaman.

Fauzi As'ad telah menetap dan berkarya di negara kecil di tengah-tengah benua Eropa tersebut sejak tahun 1995. Salah satu karya Fauzi diletakkan di tengah kota Vaduz, persis di bawah kastil Keharyapatihan Liechtenstein, patung berukuran 2,4 meter yang berjudul “Frühlingserwachen”, atau “permulaan musim semi”. Beliau kini tercatat sebagai salah satu seniman ternama Indonesia yang sukses sebagai diaspora di Liechtenstein. (Lka)


 

TAGS : Kbri bern

Artikel Terkait