Nasional

KRI Teluk Lada 521 BKO Kolinlamil Debarkasi Satgas Pamtas Papua Yonif 754 Raider

Oleh : luska - Minggu, 29/08/2021 17:20 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - KRI Teluk Lada 521 yang sedang berada di Bawah Kendali Operasi (BKO) Kolinlamil debarkasi pasukan pengamanan perbatasan RI - Papua yang akan bertugas selama sembilan bulan menjaga daerah perbatasan baru - baru ini.

Kapal perang TNI AL dari jajaran Koarmada III tersebut menurunkan pasukan dari Batalion 754 Raider Eme Neme Kangasi berikut material dan perlengkapan seperti senjata perorangan, kendaraan truk dan kendaraan taktis yang dipergunakan dalam mendukung tugas operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia dan Papua Nugini.

"Saat ini KRI Teluk Lada 521 sandar di Dermaga Timika, untuk debarkasi pasukan dan material. Kondisi kapal dan prajurit dalam keadaan siap operasi" ujar Komandan KRI Teluk Lada 521 Mayor Laut (P) Muhammad Faizal vjeSidik Permana.

Komandan KRI juga menegaskan, seluruh pasukan yang on board di kapal perangnya telah melalui prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Sesuai instruksi Panglima Kolinlamil Laksma TNI Erwin S Aldedharma agar dalam operasi dukungan angkutan laut, seluruh unsur-unsur KRI Kolinlamil maupun BKO Kolinlamil disiplin melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah mulai dari proses embarkasi, saat lintas laut hingga debarkasi pasukan.

Sebelumnya, Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melepas Satgas Pamtas Yonif Raider 754 dalam rangka Operasi Pamtas RI-PNG di Wilayah Papua Tahun 2021 di Dermaga Lantamal VI Makassar awal Agustus lalu.

KRI Teluk Lada 521 melaksanakan operasi lintas laut dan singgah di beberapa tempat antara lain di Makasar, Ambon, sebelum akhirnya tiba di Timika untuk selanjutnya perbatasan Papua.(Lka).

Artikel Terkait