Nasional

Ketum Bachtiar Lantik Dewan Pengurus Pusat MIPI Periode 2021-2026

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 14/09/2021 17:59 WIB

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Polpum Kemendagri), Dr. Bachtiar, M.Si terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) pusat pada Sabtu (5/6/21).

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI), Dr. Bachtiar, M.Si resmi melantik dan mengukuhkan Dewan Pengurus Pusat (DPP) MIPI periode 2021-2026.

Pelantikan berlangsung secara hybrid yakni melalui offline dan online dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di Jakarta pada Selasa (14/9/21) sore.

Beberapa pengurus hadir secara offline dengan quota terbatas sementara pengutus lainnya dilantik dengan hadir secara virtual melalui aplikasi meeting zoom dan disiarkan secara live via Channel Youtube MIPI.

Selain pengukuhan dan pelantikan pengurus, juga dilakukan penandatanganan serah terima jabatan (sertijab) dari M. Ridho Ficardo selaku Ketua Umum MIPI periode 2016-2021 kepada Dr. Bachtiar, M.Si sebagai Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) periode 2021-2026.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI), Dr. Bachtiar, M.Si mengatakan kehadiran forum ilmiah seperti MIPI di tengah masyarakat sangat penting. Karena dapat menjadi pengingat, memberikan pedoman serta meluruskan sesuatu yang terjadi di masyarakat.

"Seorang ilmuan mengungkap sesuatu itu dari sisi positif, sisi negatifnya, sisi baik dan buruknya, pantas dan ketidak pantasannya, secara objektif, secara ilmiah dengan ukuran dan kaidah-kaidah ilmiah," kata Dirjen Polpum Kemendagri ini.

Ia meyakini kehadiran ilmuan dengan kriterian-kriteria tersebut di pengurusan MIPI periode 2021-2026 akan membuat MIPI menjadi berguna dan dapat berkontibusi bagi bangsa dan negara bahkan dunia.

"Semua orang-orang ini merupakan pengurus MIPI 2021-2026. Maka saya yakin dan percaya dengan dukungan saudara-saudara semua, MIPI dapat menjadi sesuatu bagi bangsa dan negara. Bahkan MIPI harus berjaring hingga go global ke tingkat Internasional," pungkasnya.

Terpisah, Pemimpin Redaksi Indonews.id, Drs. Asri Hadi, MA menyampaikan selamat atas dilantiknya Ketua Umum MIPI berserta para dewan pengurus untuk masa bakti 5 tahun ke depan.

"Selamat atas pelantikan Dr. Bachtiar sebagai Ketum MIPI beserta para dewan pengurus untuk periode 2021-2026," ucap Dosen senior IPDN ini di Jakarta, Selasa (14/9/21).

Asri Hadi, juga merupakan salah satu pengurus di DPP MIPI itu menuturkan bahwa dirinya sudah lama mengenal Bachtiar. Ia merupakan sosok yang memiliki kemampuan dalam memimpin.

"Sejak menjadi mahasiswa di IIP, kemampuan Bachtiar untuk menjadi pemimpin di angkatannya sangat terlihat. Karirnya di Kementerian Dalam Negeri juga cukup menonjol, sampai sekarang menjadi Dirjend Polpum Kemendagri," tutur Asri Hadi.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri selaku Ketum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI), Dr. Bachtiar, M,Si bersama Drs. Asri Hadi, MA selaku Pemred Indonews.id dan anggota Tim Bidang Publikasi dan Pengelolaan Media MIPI (Foto: ist

Sosok Dr. Bachtiar

Dr. Bachtiar, M.Si merupakan alumnus Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor. Ia diwisuda pada 27 Juli 1995.

Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan ini pernah menjabat beberapa jabatan penting di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia antara lain pernah menjabat sebagai Kasubdit Ormas Ditjen Polpum Kemendagri. Juga pernah menjabat sebagai Direktur Perundang-undangan Ditjen Polpum.

Pada 2020 lalu, Mendagri Tito melantiknya menjadi Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerin Dalam Negeri.

Sebelumnyam, PNS Eselon I.A ini pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Gubernur Kepri menggantikan Isdianto sebagai Gubernur Kepri yang memasuki masa cuti.

Untuk diketahui, sejumlah tokoh nasional masuk dalam susunan dewan pengurus lembaga yang diproyeksikan menjadi lembaga "think tank" bidang pemerintahan selama lima tahun ke depan di Indonesia itu.

Berdasarkan salinan dokumen yang diterima media ini, sejumlah tokoh itu di antaranya Menkopolhukam, Prof Mahfud Md, Prof Muchlis Hamdi, Prof Djohermansyah Djohan, Prof Eko Prasojo dan masih banyak tokoh nasional lainnya.

Sementara Lektor Kepala IPDN, Dr. Muhadam Labolo, M.Si didapuk jadi Ketua Pengembangan Keilmuan dan Kerjsama Perguruan Tinggi dan Pemred Indonews.id selaku Dosen Senior IPDN masuk dalam daftar anggota Tim Bidang Publikasi dan Pengelolaan Media.*(Rikard Djegadut).

Loading...

Artikel Terkait