Nasional

Viral! Fenomena Hail, Hujan Es di Jambi Robohkan 3 Rumah

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 16/09/2021 13:26 WIB

Kejadian hujan es pada Rabu (15/9/21), menyebar luas di media sosial Facebook dan Instagram. Penelusuran awak media, polisi membenarkan peristiwa yang berlangsung singkat itu.

Jambi, INDONEWS.ID - Rekaman video dan foto peristiwa alam di Jambi tengah viral. Fenomena hail, hujan es berikut angin kencang robohkan 3 rumah gegerkan warga di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin.

Kejadian hujan es pada Rabu (15/9/21), menyebar luas di media sosial Facebook dan Instagram. Penelusuran awak media, polisi membenarkan peristiwa yang berlangsung singkat itu.

“Benar, tadi habis dzuhur ada hujan es di Desa Pulau Tengah, kejadiannya lima menit. Akibat hujan es ini ada rumah warga yang roboh, gapura Pondok pesantren yang rusak. Untuk berapa jumlah kerugian materi belum bisa di prediksi,” ujar Kapolsek Jangkat, IPTU H Sitepu.

Masih menurut penyampaian Sitepu, dalam pemantauan di lapangan hingga pukul 21.00 Wib, belum ada laporan luka maupun korban jiwa. Polsek Jangkat masih mengumpulkan informasi lanjutan.

Kepala Desa Pulau Tengah, Sasta Emjaya, membenarkan adanya hujan es. Ia mendapat informasi dari warganya pasca kejadian.

"Kejadian berjarak sekitar 3 km dari rumah saya," katanya.

Dampak dari peristiwa tersebut, ada 3 rumah kebun dan singgah roboh. Kerusakan juga terjadi pada sarana umum hingga Gapura Pondok Pesantren Al Is Lah.

"Banyak atap rumah yang terbang, di samping rumah dan atap rumah. Beberapa pohon tumbang dan beberapa pertanian rusak. Sarana umum rusak akibat angin kencang disertai hujan dan hujan es," ungkap Gumbang, warga Malingkung.

Sementara warga lain berharap, fenomena menakutkan ini memberikan hikmah. Syamsudin, Guru SD di Pasar Melingkung menuturkan hal itu.

"Fenomena Extrime kurang lebih selama 5 menit ini jelas ada hikmah dibaliknya," kata Syamsudin.*(Erwin Majam)

Loading...

Artikel Terkait