Bisnis

Bir Pletok Betawi, Bergulat di Masa Pandemi

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 17/09/2021 11:59 WIB

Bir Pletok Betawi (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pandemi membuat konsumsi minuman herbal menjadi populer, salah satunya yaitu bir pletok. Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai.

Ibu Sani, salah satu dari nasabah PNM ULaMM merintis usaha bir pletok turun temurun keluarganya.

Usaha yang ia rintis selama 7 tahun bersama dengan PNM ULaMM ini berawal dari penyakit asma buah hatinya yang kerap kambuh, lalu Ibu Sani secara rutin memberikan bir pletok untuk memelihara daya tahan tubuh putrinya.

Dengan modal dari PNM ULaMM, Ibu Sani memutuskan untuk memasarkan bir pletok racikannya karena terbukti oleh keadaan putrinya yang kian membaik. Tidak hanya keadaan putrinya membaik, keadaan ekonomi keluarga Ibu Sani pun ikut membaik.

“Saya berinisiatif untuk menjual bir pletok, sengaja dikemas dengan cantik dan bagus agar orang tertarik. Bir pletok buatan saya bisa disajikan dingin dan hangat, dingin ataupun hangat tetap nikmat,” ujar Ibu Sani saat ditemui beberapa waktu lalu.

Pandemi COVID-19 membuat kita harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga. Minuman khas Betawi yang diracik dari berbagai bahan rempah-rempah ini, diyakini dapat menambah daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Hal ini menimbulkan inisiatif Ibu Sani untuk berkontribusi dengan memberikan 100 botol bir pletok secara gratis untuk supir ojek online dan warga sekitar.

“Kita semua memang sedang diuji. Tujuan saya memberikan bir pletok gratis karena saya berharap seluruh warga Indonesia, setidaknya warga sekitar rumah saya tetap sehat dan bugar. Semoga kita semua memiliki ketangguhan, kesabaran untuk bisa mengelola sebuah situasi yang kita tidak rencanakan” ujar Ibu Sani.*

Loading...

Artikel Terkait