Daerah

Partai Demokrat Gelar Vaksinasi Covid-19, Tenaga Kesehatan Mengaku Senang

Oleh : Mancik - Selasa, 21/09/2021 10:16 WIB

Partai Demokrat melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Manggarai.(Foto:Istimewa)

Ruteng, INDONEWS.ID - Menyambut dua dekade berkoalisi dengan rakyat, Partai Demokrat melakukan berbagai kegiatan. Salah satu yang dilakukan oleh Partai Demokrat bersama kadernya adalah melakukan vaksinasi massal covid-19.

Vaksinasi tersebut dilakukan di dua tempat yakni di SMAK Santa Maria Iteng dan SMP Negeri 1Iteng, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Minggu,(19/09/2021)

Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Benny K. Harman, membuka kegiatan vaksinasi tersebut secara langsung.

Partai Demokrat dibantu oleh sekitar 50-an tenaga medis dari tiga puskesmas di wilayah satarmese yakni Puskesmas Langke Majok, Puskesmas Narang, dan Puskesmas Iteng.

Tenaga kesehatan ini didampingi oleh beberapa staf dari dinas kesehatan Kabupaten Manggarai.

Para tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi vaksinator untuk covid-19 Partai Demokrat ini merasa senang denga vaksinasi masal Partai Demokrat kabupaten Manggarai ini.

Mereka bisa melakukan vaksinasi terhadap masyarakat dengan cepat dan tidak perlu menunggu masyarakat yang mau divaksin.

"Kami apresiasi kerja teman-teman Partai Demokat. Ini benar-benar memudahkan kami. Kami tidak perlu menunggu lama-lama masyarakat yang akan divaksin tanpa kepastian" ujar Bidan Yati yang menjadi salah satu vaksinator ketika ditemui media ini usai kegiatan.

Menurut Yati, vaksinasi yang mereka lakukan sendiri di puskesmas atau di desa-desa tidak mudah. Banyak masyarakat yang enggan untuk datang mengikuti kegiatan vaksinasi. Nakes terpaksa menunggu kesadaran masyarakat sendiri.

"Kami tidak bisa memaksa masyarakat untuk divaksin. Akibatnya jumlah peserta vaksin sering tidak mencapai target yang diprogramkan. Hanya sedikit masyarakat yang sadar akan bahaya covid-19 ini. Ini salah satu kendala yang dihadapi di lapangan selama ini," ujarnya.

Karena itu menurut Yati, kita perlu kerja keras bersama segenap elemen masyarakat untuk menyelesaikan covid ini. Semua pihak harus sadar bahwa ini penyakit berbahaya yang harus dilawan oleh semua.

Yati berharap agar kelompok masyarakat lain juga bisa melakukan vaksinasi masal sebagaimana yang dilakukan Partai Demokrat di Iteng.

Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Benny K. Harman, saat hadir di tempat vaksinasi di SMAK Santa Maria Iteng dan SMP Negeri 1Iteng, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai.

Massa didaftar terlebih dahulu, dimobilisasi ke tempat vaksinasi, diatur dengan baik untuk menghindari kerumunan dan masyarakat diedukasi tentang pentingnya vaksin Covid-19 ini.

Kami sebagai vaksinator, lanjutnya, selalu siap untuk membantu dan melaksanakan vaksin di luar tugas-tugas kami sebagai pelayan di puskesmas.

Sementara Rofinus Rele dari Dusun Pongkukung Desa Wewo yang menjadi salah satu peserta vaksin covid-19 ini menyampaikan terimakasihnya kepada Partai Demokrat.

Ia sebelumnya tidak pernah mendengar sosialiasi kegiatan vaksinasi. Namun, karena ada kader demokrat yang blusukan dari dusun ke dusun di sekitar satarmese datang mendaftar peserta vaksin, Petrus sekeluarga pun bisa divaksin.

"Kami sekeluarga sudah lama mau divaksin. Tetapi selama ini kami belum mendengar adanya kegiatan vaksinasi covid-19. Tapi di tengah kami berharap untuk mendapatkan vaksinasi, tiba-tiba Partai Demokrat menyelenggarakan vaksinasi ini di Iteng. Kami sangat berterimakasih kepada Partai Demokrat. Akhirnya kami sekeluarga bisa divaksin hari ini,"ungkapnya di depan Petronela istrinya dan empat (4) anaknya sambil tersenyum.*

Artikel Terkait