Daerah

Siswa - siswi SMA St. Maria Iteng Manggarai Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap I

Oleh : Mancik - Selasa, 21/09/2021 14:30 WIB

Siswa-siswi SMA St. Maria Iteng, Kabupaten Manggarai, saat mengikuti kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Partai Demokrat.(Foto:Istimewa)

Ruteng, INDONEWS.ID - Siswa-siswi SMA St. Maria Iteng, Kabupaten Manggarai, antusias mengikuti kegiatan vaksinasi covid-19 tahap I. Kegiatan vaksinasi ini dilakukan dalam rangka bulan bakti dua dekade Partai Demokrat.

Wakil kepala SMA St. Maria Iteng, Kanisius Jehola, saat ditemui media ini dilokasi kegiatan ini mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada Partai Demokrat atas pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

"Kami sangat senang karena seluruh siswa/i SMA St. Maria telah divaksin hari ini. Kami juga tentu senang karena sekolah kami dijadikan tempat pelaksanaan vaksinasi. Selain itu, kami juga ucapkan terima kasih kepada Partai Demokrat atas pelaksanaan vaksinasi tahap I ini," kata Kanisius Jehola, Minggu, (19/9/2021)

Pada kesempatan tersebut, Kanisius Jehola mengatakan, siswa-siswi SMA St. Maria Iteng yang mengikuti vaksinasi sebanyak 595 orang. Mulai dari kelas kelas X sampai kelas XII.

"Peserta vaksinasi berjumlah 595 orang. Mulai dari kelas X sampai kelas XII. Mereka tinggal di asrama dan luar asrama. Semuanya wajib ikut vaksinasi. Tadi memang ada beberapa yang batal divaksin karena kedala kesehatan", jelasnya.

Menurutnya, setelah seluruh peserta didik divaksin, pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar dapat berlangsung.

"Kami berencana akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar setelah vaksinasi ini. Tentu tak bisa dilakukan sekaligus untuk seluruh siswa/i, mulai dari kelas X sampai kelas XII tapi bertahap," tambahnya.

Salah satu siswi, Oktaviana Genor, yang mengikuti vaksinasi saat ditemui media ini, mengaku senang karena sudah divaksin.

"Saya sangat senang karena sudah divaksin tahap 1. Saya harap agar kegiatan belajar mengajar di sekolah kami bisa berjalan dengan baik setelah ini. Selama ini kami mengikuti kegiatan belajar mengajar tapi masih waspada dan takut terpapar covid-19," katanya.

Kegiatan vaksinasi bertempat di Aula SMA St. Maria Iteng dan ruangan kelas SMP Negeri I Iteng, Kecamatan Satar Mese.

Sebelum vaksinasi dimulai, para peserta, tenaga kesehatan (nakes), dokter dan pengurus partai mengikuti seremonial pembukaan.

Saat seremonial pembukaan, Wakil ketua umum Dewan pimpinan pusat Partai Demokrat, Benny K. Harman, membuka kegiatan dengan resmi.

Dalam sambutannya, Benny K. Harman, menegaskan pentingnya vaksinasi bagi masyarakat dan terutama kepada anak sekolah yang selama ini belajar di rumah karena pandemi Covid-19.

"Semula kita berharap agar covid-19 ini cepat selesai, ternyata sampai saat ini belum juga berakhir dan covid-19 telah memakan banyak korban. Karena itu, penting mengikuti vaksinasi supaya kuat dan mampu melawan virus ini. Dengan ini pula, maka terwujud apa yang disebut dengan herd immunity (kekebalan kelompok)," kata anggota dewan dapil NTT I ini.

Anggota dewan yang akrab disapa BKH ini juga menjelaskan, program vaksinasi membutuhkan partisipasi dari setiap elemen.

"Kita tidak bisa hanya berharap pada pemerintah saja untuk mensukseskan program vaksinasi ini tapi butuh keterlibatan banyak pihak terutama partai politik. Itu dasarnya, pada bulan bakti partai, dua dekade Partai Demokrat ini, kami mendukung pemerintah dan meringankan beban pemerintah melawan covid-19 dan mensukseskan prorgam vaksinasi," katanya.

Menurut BKH, saat ini pencapain program vaksinasi khususnya di Manggarai belum mencapai target.

"Saya mendengar sejauh ini capaian program vaksinasi di Manggarai masih dua puluh (20) persen lebih dari terget yang begitu tinggi. Itu berarti masih banyak yang belum divaksin. Saat ini banyak yang datang ikut vaksin tahap I di sini, saya sampaikan terima kasih bagi yang ikut. Semoga masih ada yang menyusul pada prorgam selanjutnya," kata Benny.

Kegiatan vaksinasi mulai pukul 08.00 sampai pukul 15.00 waktu setempat. Peserta vaksinasi berjumlah 1200 orang. Mereka terdiri dari masyarakat dan pelajar. Kegiatan vaksinasi berjalan lancar dan cepat. Pantauan media ini, para peserta vakainasi sangat antusias mengikuti kegiatan.*(WK)

Artikel Terkait