Pojok Istana

PLBN Sota Merauke, Papua Siap diresmikan Presiden Jokowi

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 02/10/2021 13:15 WIB

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Merauke, Papua (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -  Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Papua untuk menghadiri peresmian PON XX Papua 2021, juga akan mengunjungi Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi berencana meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, sebagaimana disampaikannya pada Peringatan HUT RI ke 76 tanggal 17 Agustus 2021 yang lalu.

PLBN Sota merupakan PLBN yang ke-8 yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan akan diresmikan Presiden Jokowi.  

PLBN Sota terlihat tengah berbenah menjelang peresmian yang akan dilakukan Presiden Jokowi. Sejumlah masyarakatpun sangat antusias menyambut kedatangan Presiden baik yang ada di Merauke maupun yang ada disekitar Distrik Sota Kabupaten Merauke. 

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, menuturkan bahwa PLBN Sota telah melakukan berbagai langkah persiapan pengoperasiannya, seperti simulasi pelayanan lintas batas dengan Custom, Immigration, Quarantine, Security (CIQS) pada 22 Januari 2020.

Kegiatan sosialisasi pelayanan PLBN kepada Tokoh Masyarakat dan warga Distrik Sota juga telah dilaksanakan pada 30 Januari 2020. PLBN Sota mulai dikelola oleh BNPP ditandai dengan penugasan Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Sota pada 2 Februari 2021. 

"Kami juga telah melaksanakan rapat persiapan PLBN Sota pada 20 Agustus 2021. Begitu juga dengan uji coba pelayanan lintas batas di PLBN Sota pada 1 September 2021. Kami sudah memastikan bahwa PLBN Sota memang sudah siap untuk diresmikan," ujar Restuardy, Sabtu (2/10/2021).

Restuardy mengatakan disela-sela Rapat Koordinasi Persiapan Kunjungan Presiden yang dilaksanakan di Kantor Bupati Merauke Jumat (1/10/2021) bahwa semua pihak yaitu unsur CIQ  (Bea Cukai, Imigrasi, Karantina) di PLBN Sota telah siap memberikan layanan pelintasan antar negara. Tentunya hal ini juga akan menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah PNG dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.  

Loading...

Artikel Terkait