Nasional

Ini Langkah Satgas Covid-19 Terkait Puluhan Atlet PON XX Papua Positif Covid-19

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 07/10/2021 22:48 WIB

Kompleks Stadion Lukas Enembe (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengklaim kasus penularan yang terjadi terhadap sejumlah atlet yang bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sudah ditangani dengan baik.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan setiap atlet yang terdeteksi positif Covid-19 akan langsung diisolasi agar tidak menulari orang lain di arena PON XX Papua.

"Saat ini penanganan kesehatan tetap dilakukan sesuai pedoman yang disusun sebelum PON XX dimulai yaitu dengan segera memobilisasi kasus positif untuk isolasi/perawatan," kata Wiku ditulis Kamis (7/10/2021).

Nantinya, mereka yang positif juga diwajibkan melakukan karantina setibanya di daerah asal untuk memastikan tidak membawa virus ke daerah asal.

"Panitia terus memperketat skrining kesehatan dan segera pemerintah akan mempersiapkan mekanisme kepulangan partisipan acara untuk menjamin tidak membawa virus ke daerah asal," jelasnya.

Sebelumnya, 29 orang terdiri dari atlet, official, dan panitia PON XX Papua terdeteksi positif Covid-19, kasus tersebar di empat lokasi penyelenggaraan yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika.

"Ke-29 kasus tersebut terdiri dari Kabupaten Mimika 13 kasus, Kabupaten Jayapura tujuh kasus, Kota Jayapura enam kasus dan Kabupaten Merauke tiga kasus," ujar Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule, Selasa (5/10/2021) malam.

Dia menyebut seluruhnya tidak bergejala hingga bergejala ringan berkat sudah divaksin, sehingga dalam kondisi yang baik di tempat isolasi terpusat di kota masing-masing.*

Artikel Terkait