Daerah

Bupati Tanah Datar Eka Putra Panen Ikan Nila di Jorong Koto Gadih Nagari Lima Kaum Kecamatan Lima Kaum

Oleh : luska - Senin, 11/10/2021 13:43 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID -- Bupati Tanah Datar Eka Putra  menyampaikan apresiasi kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Barokiah di Jorong Koto Gadih Nagari Limo Kaum dan  atas kegiatan budidaya yang dilakukan. 

Hal itu disampaikan Eka Putra saat Panen Perdana Pekerjaan Percontohan Budidaya Ikan Nila di Jorong Koto Gadih Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum.

Menurutnya  sektor budidaya perikanan merupakan salah satu sektor yang bisa menciptakan peluang usaha guna mengurangi kemiskinan.     Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang bisa dikonsumsi siapa saja, karena itu budidaya ini sangat potensial dimanfaatkan sebaik-baiknya yang bisa memberi dampak peningkatan ekonomi,”

“Selamat atas keberhasilan kedua Pokdakan dalam melaksanakan budidaya. Dengan panen perdana ini diharapkan membuka cakrawala berfikir dan menginspirasi bagi masyarakat sekitar lainnya untuk melakukan hal yang sama, sehingga kebutuhan ikan di Tanah Datar bisa terpenuhi, dan berharap Dinas terkait bersama Camat dan Wali Nagari ke depannya tetap memantau dan memberi arahan kepada Pokdakan ini sehingga pelaksanaan budidaya tetap berjalan. 

Sebelumnya Kadis Pangan dan Perikanan Hilmi mengungkapkan, Pokdakan percontohan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan teknologi baru dalam pembudidayaan ikan agar produksi meningkat. 

“Dalam budidaya ini kita menggunakan bibit unggul, makanan bermutu dan manajemen penggunaan kualitas air, sehingga didapat hasil 4 ekor ikan Nila beratnya 1 Kg dalam masa pemeliharaan 4 bulan. Sedangkan 6 ekor lele juga beratnya 1 Kg dalam masa pemeliharaan 2,5 bulan,” terang Hilmi. 

Untuk kegiatan percontohan budidaya ikan nila dan lele ini dilaksanakan di 6 Pokdakan tersebar di Kecamatan Lima Kaum, Pariangan, Rambatan dan Batipuh Selatan.  “Bantuan per kelompok untuk percontohan budidaya ikan nila, yakni bibit sebanyak 7 ribu ekor, makan ikan 1,7 ton, tangguk, baskom dan ember. Sedangkan ikan lele bantuan bibit sebanyak 10.500 ekor, makan ikan 1.660 kg ditambah ember, baskom dan tangguk,” ujarnya. 

Sedangkan  Ketua Pokdakan Barokiah Mayandra menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Daerah untuk laksanakan kegiatan budidaya ikan nila. 

“Alhamdulillah, semenjak berdiri 2015 lalu, Pokdakan ini terus mendapat perhatian Pemerintah Daerah melalui Dinas Pangan dan Perikanan, dan tahun inipun kami masih dipercaya untuk kegiatan percontohan ini, terima Kasich pak Bupati dan pak Kadis dan pihak lainnya,” sampai Mayandra. 

Tentu pelaksanaan kegiatan ini, tambah Mayandra, akan berdampak langsung kepada masyarakat Koto Gadih terutama bagi anggota Pokdakan Barokiah. “Dengan ilmu dan pengetahuan budidaya yang diberikan, tentu hasil panen akan meningkat, sehingga nilai jual juga bertambah yang akhirnya taraf ekonomi anggota juga bisa naik atau terangkat, (M.Datuk)

Artikel Terkait