Nasional

BNPP Agendakan Sambangi Dua Pulau Kecil Terluar di Kabupaten Natuna

Oleh : luska - Rabu, 13/10/2021 08:07 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, bersama dengan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, diagendakan mengunjungi Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) yakni Pulau Sekatung dan Pulau Laut di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau dalam waktu dekat.

Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Restuardy Daud, menyampaikan pihaknya sedang mematangkan rencana kunjungan ke dua PPKT melalui Rapat Koordinasi bersama dengan K/L anggota BNPP. Dalam rencana tersebut Menko Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP dan Menteri Tito selaku Kepala BNPP bersama dengan perwakilan dari Kementerian/Lembaga anggota BNPP diagendakan mengunjungi kedua pulau tersebut pada bulan November. 

"Rencananya Bapak Menko dan Bapak Mendagri akan bersama-sama hadir dalam kunjungan kerja pada tanggal 14 sampai dengan 16 November 2021," ujar Ardy, Selasa (12/10/2021).

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Menko Mahfud dan Menteri Tito beserta rombongan yaitu melakukan koordinasi terkait dengan pelaksanaan pembangunan perbatasan negara di Kabupaten Natuna, menginventarisasi kebutuhan pembangunan, melakukan evaluasi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan melihat lebih dekat kegiatan percepatan vaksinasi di Kabupaten Natuna guna pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di perbatasan negara. 

Selain itu juga akan dilakukan pemetaan program dan kegiatan K/L anggota BNPP yang sudah dilaksanakan, tertunda, maupun yang akan dilaksanakan di Kabupaten Natuna. "Diharapkan melalui kegiatan ini pemerintah memperoleh gambaran progres atau perkembangan pelaksanaan pembangunan perbatasan negara di lapangan," sambungnya. 

Pada kunjungan kerja ini, Bupati Natuna akan diberi ruang untuk menyampaikan gambaran kondisi existing perbatasan negara di Kabupaten Natuna, realisasi pelaksanaan vaksinasi, serta usulan pembangunan sarana prasarana di Natuna/PPKT, begitu juga dengan Danlantamal/Danlanal yang bertugas mengamankan PPKT di perairan Kabupaten Natuna.

"Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan di kedua pulau tersebut rencananya saat perjalanan kembali ke Natuna kita akan melaksanakan Rapat Konsolidasi Lintas Sektor terkait dengan kunjungan ke Kabupaten Natuna di atas kapal. Diharapkan nanti hasil ini akan menjadi output dari pelaksanaan kegiatan yang kita lakukan," pungkasnya.

Pulau laut merupakan salah satu kecamatan yang terletak di ujung utara Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Natuna Utara, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Bunguran Utara, sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Siantan, dan sebelah timur berbatasan dengan Laut Natuna Utara. Kecamatan Pulau Laut terdiri dari tiga desa yaitu Desa Tanjung Pala, Desa Air Payang, dan Desa Kadur.

Sementara Pulau Sekatung berada di dalam wilayah Desa Air Payang. Pulau Sekatung dan Pulau Laut dipisahkan oleh Selat Setakong dengan lebar kurang lebih 40 meter.(Lka)

Loading...

Artikel Terkait