Nasional

Top! Alumnus SMA Teladan Jakarta, Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto H Jadi Kepala Staf Kolinlamil

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 13/10/2021 10:19 WIB

Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto H resmi menjabat sebagai Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kaskolinlamil) (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto H resmi menjabat sebagai Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kaskolinlamil) yang ditandai dengan penyematan tanda jabatan oleh Pangkolinlamil, Laksamana Muda TNI Erwin S Aldedharma di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (24/9) lalu.

Sebelum didapuk dengan jabatan Kaskolinlamil yang tertuang dalam surat keputusan Panglima TNI nomor Kep/816/IX/2021 tanggal 13 September 2021, sebelumnya Laksma Pertama TNI Retiono Kunto H menjabat sebagai Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada III.

Laksma TNI Retiono Kunto H merupakan alumnus SMA Negeri 3 Teladan Jakarta yang lulus pada 1989. Ia
seangkatan dengan Mayjend TNI Kunto Arif Wibowo yang saat ini menjabat sebagai panglima divisi 3 Kostrad.

Laksma TNI Retiono Kunto H menyelesaikan pendidikan di AAL angkatan 38 pada tahun 1992. Ia lahir di Jakarta, 22 Maret 1971 atau 50 tahun yang lalu dan telah banyak berdinas di lingkungan kapal perang baik di Komando Armada RI Kawasan Timur maupun di Komando Armada RI Kawasan Barat serta Kolinlamil.

Sejak lulus sebagai Perwira pertama TNI Angkatan Laut berpangkat Letnan Dua hingga Letnan Kolonel banyak dihabiskannya di Kapal perang.

Di antaranya pernah menjabat sebagai Komandan KRI Lemadang 806, KRI Singa 651, KRI Hasanudin 366 dan KRI Slamet Riyadi 352.

Selama kariernya, selain di kapal perang/KRI juga beberapa kali mengemban penugasan ke luar negeri antara lain dalam Kontingen Garuda ke Sierra Leone tahun 2001 dan Satgas Milstaf Unifil Lebanon tahun 2013.

Dalam sebuah video yang diperoleh Indonews.id, Laksma TNI Retiono Kunto mengaku senang dan bangga pernah mengenyam pendidikan di sekolah yang  berlokasi di Jalan Setibudi Jakarta Selatan dan dijuluki SMA Teladan ini.

""Terima kasih untuk Sabhawana SMA 3. Saya dulu pernah di sana dan sangat membanggakan. Apalagi adek-adek ini punya kepedulian pada masyarakat terutama masalah banjir. Dan saya bangga sekali. Saya alumni Sabhawana SMA 3 angkatan 9," kata Retino.

Secara terpisah, Pemimpin Redaksi Indonews.id, yang juga merupakan alumnus SMA Negeri 3 Teladan Jakarta mengaku bangga atas prestasi yang diraih rekan alumninya ini.

"Sebagai sesama alumni, saya turut bangga atas pencapaian dari Laksma TNI Retiono Kunto H sebagai Kaskolinlamil. Saya mengucapkan selamat bertugas sebagai kepala staf Kolinlamil semoga tambah sukses dan amanah," kata Asri Hadi, Dosen senior IPDN ini.*(Rikard Djegadut).

Loading...

Artikel Terkait