Nasional

Perkuat Kerjasama Ekonomi dengan Indonesia, Kuba Gabung INA-LAC Business Network

Oleh : luska - Kamis, 14/10/2021 19:50 WIB

Kuba, INDONEWS.ID - Untuk memperkuat hubungan kerjasama ekonomi Indonesia – Kuba, KADIN Kuba dan 2 perusahaan yang berbisnis di Kuba telah mendandatangani Letter of Intent untuk bergabung dalam Indonesia – Latin America and Caribbean (INA-LAC) Business Network. Penandatanganan ini dilakukan dalam rangkaian acara Nonton Bareng Virtual Opening Ceremony INA-LAC Business Forum 2021 yang diselenggarakan KBRI Havana pada 13 Oktober 2021 di Havana waktu setempat. 

2 perusahaan yang bergabung dalam INA-LAC Business Network adalah Misbellemex dan Casa Blanca. Misbellmex bergerak berbagai sektor seperti turisme dan jasa, sedangkan Casa Blanca fokus pada impor kertas. Keduanya telah melakukan kerjasama dengan Indonesia selama beberapa tahun terakhir dan selalu menyampaikan opini positif terhadap produk Indonesia. 

Dubes RI untuk Kuba, Nana Yuliana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa INA-LAC Business Forum merupakan acara tahunan yang diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri RI sejak tahun 2019 untuk meningkatkan hubungan hubungan ekonomi antara kedua kawasan. 

“INA-LAC 2019 dan 2020 sukses menghasilkan sekitar USD 5 milyar investasi yang dikomitmenkan di sektor pertambangan dan lebih dari USD 33 juta kesepakatan bisnis. Pada tahun ini, terdapat 5 perusahaan dari Kuba, 5 dari Republik Dominikana, dan 1 dari Haiti yang akan berpartisipasi pada INA-LAC 2021.” Tambah Dubes Nana.

Dubes Nana juga menyampaikan bahwa dengan adanya penandatanganan 3 Letter of Intent tersebut, diharapkan kerjasama bisnis antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Karibia semakin meningkat. Apalagi melihat volume perdagangan di 5 negara naungan KBRI Havana yang mayoritas menunjukkan surplus pada pihak Indonesia, bahkan hingga 133% untuk Kuba pada periode semester I tahun 2021. 

Acara nonton bareng pembukaan INA-LAC Business Forum 2021 berlangsung akrab dan dihadiri oleh para Duta Besar dari rangkapan KBRI Havana, yakni Andrew Brent Dean dari Bahamas, Flavio Rondo dari Republik Dominikana, Regine Lamur dari Haiti, dan Kathryn Phipps dari Jamaika, di samping perwakilan dari Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Perdagangan Kuba, media Prensa Latina, dan sejumlah pebisnis lainnya.(Lka)

Loading...
TAGS : Kuba

Artikel Terkait